Ketika Banyak Camilan Disuguhkan, Ini 5 Tips agar Tidak Gemuk di Hari Lebaran
Ilustrasi suguhan kue kering saat lebaran (Pexels/Jonathan Nenemann)

Bagikan:

JAKARTA – Lebaran merupkana momen spesial dan ditunggu-tunggu. Namun, ada satu hal yang bikin menyesal belakangan. Makanan dan camilan yang tak seperti hari biasa disuguhkan.

Nah, yang bikin menyesal adalah ketika angka timbangan perlahan naik. Celana jeans jadi terasa sesak dan kemeja jadi susah dikancing. Tak ingin mengalaminya? Simak tips agar tidak gemuk saat lebaran rekomendasi VOI.

Perhatikan porsi makan

Mungkin susah mengatur porsi makan terutama ketika setiap momen silaturahmi menyuguhkaan camilan dengan berbagai macam jenis, mulai dari kue kering yang legit atau minuman segar dengan glukosa tambahan.

Berat badan tetap stabil memang membutuhkan perhitungan dan perhatian detil. Pertama, batasi menyantap camilan atau suguhan berkalori. Kedua, hitung porsi makan berat atau makan siang. Jika memungkinkan, sesuaikan menu makan pagi dan malam dengan telur rebus atau pisang, misalnya.

Lebih banyak minum air mineral

Dengan menetapkan hati untuk minum air mineral, maka Anda bisa menghindari minum minuman manis dengan glukosa tambahan. Apabila minum jus, pilih tanpa gula tambahan.

Yang paling berat adalah menolak suguhan soft drinks, tetapi selama Anda bisa berniat kuat untuk menghindari minuman manis, maka menjalani tips ini tak akan susah.

 

Fokus pada hidangan utama

Selama menyambut lebaran dan bersilaturahmi, Anda tetap boleh kok mencicipi kue kering, biskuit, kukis, maupun suguhan lain. Hanya saja, cobalah fokus pada hidangan utama.

Tak sedikit yang berpikiran kalau perlu mengurangi porsi makanan utama sehingga bisa nyemil banyak jenis suguhan. Ini keliru, sebaiknya tetap fokus pada hidangan utama dan membatasi nyemil bukan membatasi makan hidangan utama tetapi camilan tak terkontrol. Keduanya perlu diukur dan diatur.

Jangan berhenti olahraga

Tubuh tetap bergerak aktif dapat membuat metabolisme dan sistem pencernaan bekerja optimal. Disarankan untuk olahraga tetap rutin dan apabila memungkinkan sesuaikan tambahan level setiap sesi olahraga.

Buat batasan waktu

Karena lebaran libur, malam begadang dan hasrat makan camilan tak terkontrol. Hindari hal tersebut dan buatlah batasan waktu. Apabila menunda tidur selama satu jam dan perut lapar, pilih camilan sehat seperti dried fruit tanpa karamel, kacang-kacangan, biji-bijian atau buah segar.

Nah, setelah lebaran juga harus mengembalikan kebiasaan makan semula. Sebab tak sedikit orang yang masih terbawa suasana lebaran sehingga enggak mengontrol makan kembali semula sebelum lebaran.