Tutup Saat Lebaran Pertama, Besok Ragunan Dibuka Tapi Khusus Warga Jakarta
ILUSTRASI/ANTARA

Bagikan:

JAKARTA - Taman Margasatwa Ragunan, Jakarta Selatan tak akan beroperasi hari Kamis, 13 Mei atau saat hari pertama perayaan Idulfitri 1442 Hijriah. Tempat wisata ini baru dibuka saat hari kedua lebaran pada Jumat, 14 Mei.

"Tutup hari pertama libur lebaran. Ini sudah diatur dalam Pergub Nomor 63 Tahun 2018 bahwa pada hari pertama memang ditutup dan sudah berjalan dari 2018," kata Kepala Humas Taman Margasatwa Ragunan Wahyudi Bambang kepada wartawan, Kamis, 13 Mei.

Pada hari kedua lebaran, Ragunan akan dibuka sejak pukul 07.00 WIB hingga pukul 14.00 WIB. Pengunjung yang datang harus memiliki KTP DKI Jakarta.

Wahyudi kemudian menjelaskan, bagi warga DKI Jakarta yang ingin berkunjung terlebih dulu harus mendaftar secara daring sebelum membeli tiket di lokasi. Sebab, kapasitas di tempat wisata itu dibatasi hanya 30 persen atau maksimal 30 ribu pengunjung.

"Yang boleh masuk, yang sudah mendaftar," tegasnya.

Ragunan akan menurunkan 700 pegawai untuk melayani pengunjung. Selain itu, Wahyudi mengatakan pihaknya telah berkoordinasi dengan pihak kepolisian untuk mencegah tumpukan pengunjung.

"Kami sudah berkoordinasi dan sudah mulai berjaga sejak kemarin," ujarnya.

Wahyudi memaparkan kondisi hewan dalam keadaan terawat dan sehat. Bagi pengunjung yang akan berkunjung ke Ragunan bisa datang tiap Selasa hingga Minggu.

"Sabtu, Minggu buka. Senin tutup karena libur satwa. Selasa sampai Minggu buka lagi. Begitu seterusnya sampai tanggal 30 nanti," jelas Wahyudi.

Diketahui, selama perayaan Idulfitri 1442 Hijriah, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta masih mengizinkan tempat wisata dan pusat perbelanjaan beroperasi.

Namun, tempat wisata dan pusat perbelanjaan akan ditutup jika berada di zona merah penyebaran COVID-19. Penutupan akan dilakukan hingga 16 Mei mendatang

Selama periode tersebut tempat wisata dan pusat perbelanjaan dibatasi jam operasionalnya hingga pukul 21.00 WIB. Ini juga berlaku bagi restoran, warung makan, kafe, hingga bioskop.

Terkait