Teror KKB di Papua, Menpora Amali: PON Papua Tetap <i>On Schedule</i>
Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali (Foto: Nailin/VOI)

Bagikan:

JAKARTA - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainuddin Amali menyatakan penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX tetap sesuai jadwal dilaksanakan pada 2-15 Oktober 2021.

Hal ini dikatakan Menpora Amali menanggapi perhelatan kegiatan olahraga tersebut di tengah masih konflik di bumi cenderawasih, Papua. 

"Sampai hari ini komunikasi dengan PB PON belum menyampaikan apa-apa tetap masih on schedule," ujar Amali di Wisma Kemenpora, Senin, 10 Mei.

Dikatakan Menpora, segala sesuatu tentang PON harus diputuskan di rapat kabinet. Berdasarkan keputusan rapat kabinet yang terakhir, menyatakan diselenggarakan 2-15 Oktober 2021 ini.

"Jadi sampai hari ini tidak ada masalah. Rapat-rapat dengan pengurus besar itu jalan terus, jadi tidak ada masalah," kata Menpora. 

Menpora mengatakan, pihaknya sudah siap untuk menggelar acara tersebut. "Dari sisi kami sudah siap bahkan barang-barang sudah, mungkin bulan depan sudah dikirim, sudah datang kesana," jelas Amali.

Namun, Menpora tidak bisa merinci terkait pengamanan yang dilakukan di Papua. Sebab menurutnya, itu adalah wewenang pihak kepolisian dan TNI. 

"Tidak di kami (Kemenpora, red). Kami sih ngikut aja. Kami mempersiapkan secara tekhnisnya apa yang akan di lakukan oleh pihak keamanan. Kita ngikut," tandas Menpora Amali.

Seperti diketahui, hingga hari ini masih berlangsung konflik di Papua terkait kelompok kriminal bersenjata (KKB).