Tumpas KKB Tanpa Kekerasan, TNI: Bangun Masa Depan Papua Lebih Baik
Foto: Panrem 172

Bagikan:

JAKARTA – Komandan Korem (Danrem) 172/PWY Brigjen TNI Izak Pangemanan menyebut keberadaan TNI di tanah Papua merupakan salah satu solusi untuk menciptakan kedamaian dan keamanan di bumi Cenderawasih.

Hal tersebut disampaikan Danrem saat memberikan pembekalan kepada Satuan Tugas Pengamanan Daerah Rawan (Satgas Pamrahwan) Yonif Raider Khusus 751/VJS, bertempat di Aula Mako Yonif RK 751/VJS, Sentani, Kabupaten Jayapura.

Danrem mengatakan, pembekalan yang diberikan kepada 500 personel Yonif Raider Khusus 751/VJS yang akan menggantikan Yonif Para Raider 432/WSJ sebagai Satgas Pamrahwan dibawah kendali Komando Pelaksana Operasi (Kolakops) Korem 172/PWY.

Strategi yang dijalankan, kata Danrem adalah mengalahkan KKB Papua tanpa pertempuran. Artinya menyelesaikan konflik Papua tanpa diwarnai dengan pertumpahan darah, mengecat bintang kejora menjadi merah putih dengan cara memenangkan pikiran, jiwa dan perasaan masyarakat Papua.

“Ini yang ingin kita tekankan kepada prajurit kami yang akan melaksanakan tugas operasi sehingga mereka paham bagaimana cara melaksanakan tugas di Papua. Mereka harus sadar bahwa keberadaan satgas di Tanah Papua adalah untuk menciptakan stabilitas keamanan di setiap wilayah tanggung jawabnya," kata Brigjen TNI Izak Pangemanan selaku Komandan Kolakops dalam siaran resmi yang diterima VOI, Jumat, 7 Mei.

Dengan demikian, maka pembangunan di tanah Papua ini akan berjalan dengan baik dan Aman. Pembangunan yang berjalan akan diikuti dengan meningkatnya kesejahteraan masyarakat. Rakyat yang sejahtera tidak akan mudah terprovokasi oleh pihak-pihak yang ingin merongrong kedaulatan NKRI.

Kepada para prajurit, Danrem menaruh harapan besar  agar melaksanakan tugas sebagaimana yang telah ditekankan oleh pimpinan. Melaksanakan tugas secara profesional, melaksanakan tugas dengan melihat permasalahan yang ada, kemudian mengatasi permasalahan tersebut dengan tidak menambah permasalahan baru, kita (TNI) ada untuk menjadi solusi bukan sebaliknya. 

“Bekerja dengan hati membangun masa depan Papua yang lebih baik, agar masyarakat Papua merasa nyaman bersama TNI  maka dengan sendirinya pos tempat bertugas akan dijaga oleh masyarakat”, tutur Brigjen TNI Izak Pangemanan