Anggota DPD DKI Jakarta Fahira Idris Minta Pemerintah Sosialisasikan Panduan Salat Id
Anggota DPD Fahira Idris (Foto: Instagram @fahiraidris)

Bagikan:

JAKARTA - Momen salat Idulfitri berjamaah menjadi kegiatan paling dinantikan ummat Islam sebagai penanda datangnya 'hari kemenangan' setelah satu bulan penuh menjalankan puasa Ramadan. Namun, pelaksanaan ibadah salat Id tidak bisa leluasa dilakukan lantaran wajib menjalankan berbagai aturan protokol kesehatan.

Anggota DPD RI Fahira Idris menilai, pemerintah perlu kembali menyosialisasikan panduan salat Id secara massif kepada masyarakat meski tahun ini merupakan kali kedua Indonesia merayakan Idulfitri di masa pandemi.

 

"Ini agar salat Idulfitri sejalan dengan syariat Islam dan protokol kesehatan. Sekaligus untuk mencegah penyebaran dan melindungi segenap umat dari COVID-19," ujar Fahira, Jumat, 7 Mei.

Menurut senator asal DKI Jakarta itu, pemerintah harus membuat formulasi berbagai panduan pelaksanaan salat Id baik di masjid maupun di lapangan terbuka, terutama untuk wilayah yang berada di zona dengan risiko penularan rendah. Hal ini agar pelaksanaan ibadah tersebut berlangsung khidmat.

 

"Tentu tetap mengacu kepada pedoman yang telah dikeluarkan Satgas Penanganan COVID-19 terutama soal zonasi risiko," kata Fahira.

 

Selain itu, sambungnya, panduan yang diterbitkan pemerintah daerah harus  merumuskan secara detil berbagai protokol kesehatan yang mesti dijalankan. Misalnya, jarak antar jamaah, kapasitas jamaah jika digelar di masjid, dan berbagai anjuran lain, seperti wajib membawa perlengkapan salat sendiri.

Fahira mengatakan, bahwa informasi-informasi ini harus sampai ke masyarakat sehingga bisa mempersiapkan diri sebaik mungkin sebelum mengikuti rangkaian salat Idulfitri berjamaah. 

 

Pemerintah daerah juga perlu melibatkan partisipasi masyarakat agar implementasi di lapangan berjalan baik dan lancar.

“Bentuk tim dan turun langsung ke simpul-simpul masyarakat untuk menyosialisasikan panduan dan berdiskusi merumuskan rencana agar shalat Idulfitri berjamaah berjalan lancar serta mengedepankan protokol kesehatan," tandas Fahira Idris.