Bila Munarman-Lily Sofia Benar Selingkuh, Kenapa Nyinyir? Ade Armando Beri Jawaban Begini!
Dosen dan Pakar Komunikasi Universitas Indonesia (UI) Ade Armando (Foto: Tangkap Layara CokroTV)

Bagikan:

JAKARTA - Dosen dan Pakar Komunikasi Universitas Indonesia (UI) Ade Armando membantah terlibat dalam urusan pribadi Munarman-Lily Sofia melalui 'Balada Cinta 20 Jam' yang belakangan viral dan menjadi perhatian publik.

Pun bila ada pandangan yang mengatakan, relasi asmara Munarman-Lily adalah perselingkuhan, lantas, apa urusan Ade Armando ikut campur? Bukankah itu urusan pribadi mereka?

Bagi Ade Armando, Munarman selama ini mengklaim dirinya sebagai pejuang Islam. Wajar saja bila kehidupan pribadinya harus tegak lurus dengan moral etik dalam ajaran agama yakni tidak selingkuh.

"Tentu saja akan ada yang bilang, kalau lah mereka berselingkuh, bukankah itu urusan pribadi orang? Kenapa harus nyinyir? Buat saya ini jadi urusan serius karena image Munarman selama ini adalah pejuang Islam, bila akhlak Munarman seperti ini, apa perlu kita percaya bahwa ia adalah seorang muslim yang secara tawadhu memperjuangkan islam?" tegas Ade dikutip dari saluran Youtube Cokro TV, Sabtu, 1 Mei. 

Menurut Ade Armando, kalau Munarman bukan Sekjen FPI, bukan panglima laskar pembela Islam, bukan tokoh yang meneriakan arti penting penegakan hukum Islam, Syariah Islam, Negara Islam maka soal jadi lain.

"Tapi dengan terbongkarnya skandal, kita layak melihat perjuangan Islam dia sebagai perjuangan palsu, Munarman itu fake," tegas Ade Armando. 

Ade Armando sebelumnya mempertanyakan klaim dari salah satu pengacara Munarman, Ichwan Tuankotta yang menyebut Munarman-Lily sudah menikah secara sah. Menurut Ade, kalau hubungan mereka sah kenapa seperti sembunyi-sembunyi ke hotel.

"Pertanyaannya kalau memang mereka adalah suami istri yang sah mengapa harus sering menginap di hotel? memang sebagai suami istri mereka tidak punya rumah? Kalau memang pasangan yang sah kenapa harus gelisah," terang Ade Armando dalam kanal YouTube Cokro TV dikutip Sabtu, 1 Mei.

Kegelisahan itu bisa dilihat saat Lily Sofia datang dan melakukan check in di front desk sebuah hotel. Hal serupa juga terjadi saat Munarman dan Lily keluar tidak bersamaan dari kamar 701.

"Munarman juga nampak berjaga-jaga melihat kondisi sekitar. Bagi kita yang berakal sehat adegan itu tidak mencerminkan hubungan mesra antara pasangan suami istri yang sah," ucap Ade Armando.

Apalagi, sambung Ade Armando, diketahui status di media sosial Lily disebutkan kalau yang bersangkutan lajang alias tidak menikah.

Sosok perempuan bernama Lily Sofia yang viral di media sosial sedang bersama tersangka kasus terorisme, Munarman diketahui merupakan istri keduanya. Mereka sudah menikah secara sah sekitar 13 tahun lalu.

"Iya benar istri kedua. (Menikah) sudah lama itu, 2008," ucap salah satu pengacara Munarman, Ichwan Tuankotta saat dihubungi, Kamis, 29 April.

Bahkan, pernikahan Munarman dengan Lily Sofia, kata Ichwan telah mendapat restu dari istri pertamanya, Ana Noviana.

Meski demikian, soal video beredar yang memperlihatkan keduanya, Ichwan tak mengetahui secara pasti. Alasannya, hal itu merupakan ranah pribadi Munarman.

"Video lama itu, tapi saya belum tau juga kepastian dimana-dimananya karena kita belum dapat dari yang bersangkutan," tandas dia.