Ketua DPR Puan Maharani Klaim Bakal Perjuangkan Hak Buruh, Termasuk THR
Ketua DPR Puan Maharani. (Foto: Instagram @puanmaharaniri)

Bagikan:

JAKARTA - Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Puan Maharani mengklaim anggota parlemen akan selalu memperjuangkan dan mengutamakan aspirasi para buruh. 

Hal ini dikatakannya bertepatan dengan peringatan Hari Buruh Sedunia atau May Day yang jatuh pada hari ini.

"Itu sudah jadi komitmen DPR RI untuk konsisten memperjuangkan kepentingan buruh," ujar Puan di Jakarta, Sabtu, 1 Mei.

Termasuk soal Tunjangan Hari Raya (THR), mantan Menko PMK itu meminta pengusaha untuk memenuhi hak pekerja mendapatkan THR tepat waktu sebelum perayaan Idulfitri. Sejalan dengan peraturan yang ditetapkan pemerintah, kata Puan, THR Lebaran tahun ini harus dibayar penuh.
 
"Pemerintah harus aktif mengawasi supaya perusahaan memenuhi kewajiban membayar THR pada para pekerjanya," tegas politikus PDIP itu.

Puan berharap, dengan komitmen tersebut perekonomian nasional kembali bangkit. Serta banyak tercipta lapangan kerja dan meningkatnya penyerapan tenaga kerja.

"Kami ingin perekonomian Indonesia bangkit dan para pekerja Indonesia sejahtera," kata Puan.

Disamping itu, Puteri Presiden ke-5 Megawati Soekarnoputri itu mengaku prihatin mendengar banyak tenaga kerja yang upahnya berkurang. Bahkan ada yang sampai dirumahkan dan diputus hubungan kerja lantaran kondisi perusahaan yang terdampak pandemi COVID-19. 
 
Dia berharap usai peringatan hari buruh ini, para pekerja Indonesia memiliki harapan baru dan lebih sejahtera. 

"Selamat Hari Buruh, semoga tahun ini jadi tahun kebangkitan kita, menuju Indonesia maju dan buruh yang lebih sejahtera," tandas Puan.