Wabup Sahrul Gunawan Ingin Pulangkan Pedagang Asal Bandung dari Jakarta
Wakil Bupati Bandung Sahrul Gunawan

Bagikan:

BANDUNG - Wakil Bupati Bandung Sahrul Gunawan ingin mengembalikan atau memulangkan para pedagang asal Kabupaten Bandung yang berjualan di Jakarta.

Dengan mengampu para pedagang tersebut, maka sektor perekonomian dan pariwisata Kabupaten Bandung bakal meningkat.

"50 persen dari para pedagang yang ada di Tanah Abang, Pasar Senen, Pasar Kamis, itu orang Soreang dan Majalaya, kenapa tidak kita datangkan orang itu ke Kabupaten Bandung," kata Sahrul di Bandung, Jawa Barat, dikutip Antara, Rabu, 28 April.

Sahrul mengatakan nantinya para pedagang itu akan difasilitasi untuk berjualan kembali dengan harga sewa tempat yang murah. Karena seperti yang dia ketahui, harga sewa di pasar yang ada di Jakarta itu cukup mahal.

"Sehingga nanti orang-orang ke sini, dengan fasilitas pariwisata yang bisa dikembangkan, Insyaallah bisa mensejahterakan pelaku usaha di Bandung dan meningkatkan pariwisata," kata Wakil Bupati yang baru dilantik itu.

Sahrul menginginkan adanya wadah atau lokasi di mana para pelaku usaha bisa berkumpul untuk menjadi daya tarik pariwisata Kabupaten Bandung.

"Mimpi saya, saya ingin sebuah gedung yang nantinya bisa menampung para pelaku usaha, dan kaitannya dengan wisata, karena saat ini juga perlu ada skala prioritas dalam pembangunan, insyallah ke depannya nanti bisa betul-betul terjadi," sambung dia.

Selain itu, dia pun yakin para pelaku usaha khususnya usaha mikro kecil menengah (UMKM) memiliki peran penting untuk menggerakkan ekonomi dimasa pandemi COVID-19.

Maka dari itu Sahrul memastikan akan terus memberi ruang pemasaran bagi para produk UMKM untuk bisa memiliki daya saing dengan produk lainnya.

"Bagaimana pembinaan UMKM, lalu diberikan semacam fasilitas untuk mempertemukan dengan pelaku usaha, dan peran Pemerintah Kabupaten Bandung untuk memastikan kualitasnya," kata Sahrul.