Bagikan:

JAYAPURA - Tim gabungan Polri menangkap pencari senjata api dan amunisi untuk KKB Nduga, Papua. Pelaku yang ditangkap bernama Paniel Kogoya.

Kabid Humas Polda Papua Kombes Ahmad Musthofa Kamal mengatakan pelaku ditangkap di kediamannya Jalan Poros Kali Bobo. Selanjutnya pelaku pencari amunisi dan senjata api dibawa ke Polres Nabire

“Saat ini pelaku Paniel Kogoya masih dalam pemeriksaan intensif oleh penyidik di Polres Nabire,” kata Kombes Kamal dalam keterangan tertulis, Selasa, 20 April.

Penangkapan pemasok senjata api dan amunisi ini dilakukan berdasarkan keterangan tersangka berinisial DC dan FA yang ditangkap pada Oktober 2020. 

DC dalam pemeriksaan mengaku bertransaksi senjata api dan amunisi dari Paniel Kogoya. Di antaranya membeli senjata jenis M4 pada Juni 2019 seharga Rp300 juta, senjata api jenis M16 pada Desember 2019 seharga Rp300 juta. DC juga memesan senjata api pada awal tahun 2020. 

“Selain itu diketahui bahwa pada tahun 2017, pelaku Paniel Kogoya menerima 2 (dua) pucuk senjata api di antaranya 1 pucuk jenis M4 dan 1 pucuk pistol yang dibeli dari JA selanjutnya diantar oleh DC di dekat Gereja Adven Kalibobo, Kabupaten Nabire. Kemudian pada tahun 2018, pelaku Paniel Kogoya menerima senjata api jenis M16 dari DC,” papar Kamal.