Pelacakan Polri Memburu Jozeph Paul Zhang yang Terakhir Terdeteksi di Jerman
ILUSTRASI/MABES POLRI (ANTARA)

Bagikan:

JAKARTA - Polri menyebut Jozeph Paul Zhang terakhir kali terpantau berada di Jerman. Tetapi untuk keberadaannya saat ini diduga di negara-negara yang berdekatan dengan Jerman.

"Dia meninggalkan Indonesia terkahir tanggal 11 Januari 2018 melalui Hongkong. Kemudian mengapa dikatakan di Jerman, terakhir? karena di Jerman itu tidak membutuhkan pasport ke negara-negara eropa," kata Kabag Penum Divisi Humas Polri Kombes Ahmad Ramadhan kepada wartawan, Selasa, 20 April.

Sampai saat ini, kata Ramadhan, belum ada informasi pasti soal keberadaan Jozeph Paul Zhang alias Shindy Paul Soerjomeoljono. Tapi Hubinter Porli terus berkoordinasi dengan pihak-pihak tertentu untuk mencari keberadaannya.

"Jadi masih bisa ditelusuri kepastiannya begitu. Ya kita sama-sama tunggu saja, tentu pemerintah juga termasuk Polri sangat serius menyikapi ini," kata dia.

Di sisi lain, Polri juga menyebut belum ada informasi soal profesi dari Jozeph Paul Zhang. Sebab, semua informasi yang berkaitan dengan pria itu masih terus dikumpulkan.

"Nah itu belum saya tahu, posisi dia apa," kata dia.

Perkara ini bermula saat Jozeph Paul Zhang melalui forum diskusi via Zoom mengaku sebagai nabi ke-26. Video ini juga ditayangkan di saluran YouTube pribadinya.

Pria tersebut membuka forum diskusi zoom bertajuk "Puasa Lalim Islam". Jozeph Paul Zhang juga menantang siapa saja yang berani melaporkan dirinya kepada kepolisian terkait dengan penistaan agama dengan mengaku sebagai nabi ke-26.