Dorong Vaksin Nusantara dan Merah Putih, PKS: Biar <i>Endorse </i> Lebih Cepat!
Ilustrasi (Unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - Anggota Komisi IX DPR RI Kurniasih Mufidayati mendorong pemerintah segera mendukung pengembangan vaksin COVID-19, Vaksin Nusantara dan Vaksin Merah Putih.

Langkah ini sebagai bentuk dukungan terhadap vaksin yang diproduksi dalam negeri. Tujuannya, agar Indonesia tidak lagi bergantung pada vaksi impor.

“Kita dorong Vaksin Nusantara, Vaksin Merah Putih supaya di-endorse lagi biar lebih cepat, sehingga kita tidak tergantung dari luar negeri,” ujar Mufida, Jumat, 16 April.

Mufida menilai, adanya vaksin lokal bisa menjadi solusi untuk menggantikan vaksin-vaksin impor. Terlebih, jika Aliansi Global untuk Vaksin dan Imunisasi (GAVI) menghentikan pengadaan dan distribusi vaksin secara tiba-tiba. Belum lagi masalah embargo vaksin dari negara produsen.

"Peran pemerintah terhadap vaksin buatan dalam negeri sangat penting di tengah kelangkaan vaksin buatan luar negeri," kata politikus PKS itu.

Seperti diketahui, vaksin Nusantara dan vaksin Merah Putih belum mendapatkan izin dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) hingga saat ini.

Namun, sejumlah anggota dewan dan tokoh nasional telah diambil sampel darahnya untuk menerima Vaksin Nusantara. 

Mulai dari Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Ahmad dan anggota dewan lainnya. Hingga Dewan Pembina Partai Golkar Aburizal Bakrie, mantan Panglima TNI Gatot Nurmantyo, serta eks Menkes Siti Fadilah Supari.