Warga yang Dampingi 2 Lansia Vaksinasi COVID-19 di DKI juga Dapat Jatah Vaksin
ILUSTRASI/ANTARA

Bagikan:

JAKARTA - Dinas Kesehatan DKI Jakarta memberikan fasilitas vaksinasi COVID-19 kepada warga yang mengantar dua lansia untuk menjalani vaksinasi di program vaksin tahap II ini.

Kepala Dinkes DKI Widyastuti mengatakan, meski bukan masuk dalam kategori prioritas, masyarakat nonlansia berusia di atas 18 tahun yang mendampingi dua lansia diberi jatah vaksinasi agar imunisasi kepada kaum lansia sapat dipercepat.

"Hal ini dilakukan sebagai upaya memudahkan akses vaksinasi bagi seluruh mayarakat baik lansia maupun non lansia di Jakarta, serta komitmen pemerintah dalam upaya meningkatkan kekebalan komunitas (herd immunity) di masa pandemi," kata Widyastuti dalam keterangannya, Senin, 12 April.

Widyastuti menyebut, kaum lansia termasuk kelompok yang berisiko memiliki gejala yang lebih berat saat tertular COVID-19. Sebab, banyak kaum lansia yang memiliki penyakit penyerta (komorbid). 

Selama menjalani program vaksinasi prioritas tahap dua, kaum lansia termasuk kelompok yang sulit untuk mengikuti vaksinasi, mengingat kondisi kesehatan mereka yang rentan. 

Karena itu, Pemprov DKI menginginkan lebih banyak warga berusia produktif untuk membantu lansia mengikuti program vaksinasi dengan cara memberikan jatah vaksinasi kepada mereka.

“Ini diharapkan dapat memudahkan lansia selama proses vaksinasi. Karena daftarnya lewat daring, lansia itu pasti butuh pendamping untuk membantu teknis pelaksanaannya. Selain itu, kami juga terus berupaya untuk mempercepat target terpenuhinya vaksinasi untuk lansia," jelas dia.

see_also]

- https://voi.id/berita/43706/khofifah-pastikan-dana-bantuan-rp10-rp50-juta-untuk-kerusakan-rumah-karena-gempa-malang

- https://voi.id/berita/43681/kpk-tak-dilibatkan-di-satgas-blbi-mahfud-md-kalau-diikutkan-tak-tepat

- https://voi.id/memori/43664/kisah-kapten-phillips-diselamatkan-dari-perompak-somalia-dalam-sejarah-hari-ini-12-april-2009

- https://voi.id/ekonomi/43653/bidik-peningkatan-ekspor-indonesia-incar-pasar-nontradisional-ke-afrika

- https://voi.id/berita/43667/bandara-soetta-merugi-rp16-juta-ulah-simpatisan-rizieq-shihab-bangku-hingga-tanaman-rusak

[/see_also]

Hingga 11 April 2021, vaksinasi dosis 1 telah dilakukan kepada 526.687 lansia (57,8 persen) dan vaksinasi dosis 2 mencakup 173.234 lansia (19,0 persen), dengan target vaksinasi sebanyak 911.631 lansia.

Pemprov DKI Jakarta juga menyediakan fasilitas transportasi antar-jemput bagi warga lansia, berupa bus sekolah dan bus Transjakarta untuk sejumlah wilayah yang membutuhkan karena lokasi vaksinasi yang cukup jauh.

Bagi masyarakat yang akan melakukan vaksinasi dapat mendaftarkan diri secara daring melalui tautan dki.kemenkes.go.id.

Untuk yang ber-KTP DKI Jakarta bisa langsung datang dan mendaftarkan diri vaksinasi ke seluruh fasilitas kesehatan yang ada di Jakarta. Sementara bagi masyarakat ber-KTP di luar Jakarta, dapat mendatangi lokasi vaksinasi di Istora dan Tennis Indoor di Senayan.