Survei IPO: Prabowo Subianto Menteri Paling Populer Disusul Tito Karnavian
Prabowo Subianto (DOK Instagram pribadi)

Bagikan:

JAKARRTA - Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto didapuk sebagai menteri paling populer pilihan masyarakat, berdasarkan survei Indonesia Political Opinion (IPO).

"Kalau popularitas, yang paling populer adalah Prabowo Subianto, sebanyak 56 persen," ujar Direktur Eksekutif IPO Dedi Kurnia Syah dalam diskusi virtual bertajuk Evaluasi Kabinet dan Peta Politik 2024', Sabtu, 10 April.

Penilaian popularitas tersebut berdasarkan program dan karier Prabowo selama menjabat sebagai menteri pemerintahan Jokowi. Faktor yang mempengaruhi, yakni wibawa, pemberitaan media, turun langsung ke masyarakat, dan lain sebagainya.

"Kalau terkait menteri (popularitas), itu total sepanjang karier di kementerian," katanya.

Menyusul popularitas Prabowo, ada sejumlah nama menteri lain yang terkenal di kalangan publik. Seperti mantan Kapolri Tito Karnavian yang kini menjabat Mendagri dengan 43 persen;  Menparekraf Sandiaga Uno 39 persen; Mahfud MD selaku Menko Polhukam 30 persen; dan Menkeu Sri Mulyani 29,5 persen.

IPO juga mencatat kementerian mana yang paling populer. Memuncaki ‘klasemen’ yakni Kemensos dengan 73,1 persen; lalu Kemendagri dengan 64,8 persen; Kemenhan dengan 58,2 persen; Kemenkeu dengan 41,6 persen; dan Kementerian PUPR dengan 37 persen; diikuti kementerian lainnya.

"Tingkat pengetahuan responden terhadap kinerja kementerian, itu Kemensos paling populer. Ini popularitas ya, bukan dianggap yang paling baik. Paling terkenal gitu ya," kata Dedi.

Survei IPO melibatkan 1.200 responden yang tersebar di berbagai daerah dengan metode multistage random sampling pada 10-22 Maret 2021.