Keistimewaan Kayu Sonokeling: Karakteristik, Manfaat, dan Harganya
Kayu sonokeling dalam bentuk papan. (Foto: Istimewa)

Bagikan:

JAKARTA - Bagi Anda yang gemar dengan furnitur berbahan kayu, pasti sudah memahami kayu sonokeling. Jenis kayu ini merupakan salah satu jenis kayu yang tumbuh di Pulau Jawa. Dengan warna gelap dan kualitasnya yang tinggi, kayu ini kerap dipilih sebagai bahan furnitur. Kayu sonokeling juga sering disebut dengan nama sonobrit dan sonosungu.

Artikel kali ini akan membahas jenis kayu yang unik dan istimewa tersebut. Berikut ulasannya.

Karakteristik kayu sonokeling yang khas

Jenis kayu yang dapat ditemukan secara alami di hutan Jawa Tengah dan Jawa Timur ini dikategorikan sebagai kayu yang keras. Berat jenisnya sendiri mencapai angka 0,77 hingga 0,86 dengan kadar air sebanyak 15 persen. Kayu sonokeling pada umumnya memiliki tekstur permukaan yang halus, dengan serat yang bermacam-macam; ada yang lurus dan ada juga yang bergelombang.

Pada bagian tengah kayu ini, terdapat warna cokelat kehitaman, beberapa ada yang berwarna cokelat tua dengan corak yang loreng. Sedangkan pada bagian pinggirnya berwarna putih atau putih kekuningan dengan tebal kayu mencapai 5 cm.

Kayu sonokeling dapat dibubut atau dipelitur sehingga hasil akhir pengolahannya memberi kesan mewah dan sempurna. Selain itu, kayu ini juga memiliki kelebihan untuk mengikat sekrup dengan baik, sehingga tidak mudah mengalami kerusakan pada bagian yang disekrup. Pengolahannya sendiri lebih baik menggunakan mesin, sebab akan cukup sulit dikerjakan jika dipahat dengan tangan.

Adapun ciri-ciri lain dari kayu sonokeling ini yaitu anti jamur dan rayap. Hal tersebut dapat Anda temukan pada pembuatan alat musik gitar yang menggunakan bahan kayu ini. Alasan pemilihan kayu ini terhadap pembuatan gitar adalah karena kelebihannya yang mampu menghasilkan suara bagus dan juga corak warna kayu yang indah.

Manfaat yang didapatkan dari kayu sonokeling

Kayu ini memberi kesan indah bagi yang menggunakannya, hal ini disebabkan warna coklat kehitaman yang elegan. Selain itu, karena daya tahan kayu sonokeling terhadap jamur dan rayap, kayu ini sering dimanfaatkan sebagai bahan dari pembuatan barang-barang sebagai berikut:

Mebel/Furnitur

Karena teksturnya yang keras, kayu sonokeling memiliki kelebihan khusus dibanding jenis kayu lain. Kayu dengan kualitas yang tinggi biasanya digunakan sebagai bahan dasar pembuatan berbagai produk mebel. Karena nilai estetikanya, kayu ini juga sering dijadikan tiang-tiang rumah jenis joglo.

Tableware

Selain digunakan sebagai bahan dasar mebel, kayu sonokeling juga dapat dimanfaatkan untuk pembuatan alat-alat dapur seperti piring, sendok, nampan, maupun gagang pisau. Nilai ekslusifitasnya yang tinggi membuat kayu ini pernah digunakan oleh perusahaan otomotif dunia seperti Mercedez benz untuk dijadikan panel-panel interior mobil produksi mereka.

Alat Musik

Kayu sonokeling juga sering digunakan untuk pembuatan alat musik seperti gitar dan piano. Seperti yang dijelaskan sebelumnya, selain dapat menghasilkan suara yang indah, kayu ini juga memiliki corak yang indah.

Produk Lain Berupa Aksesori

Kayu ini juga difungsikan untuk berbagai aksesori berukuran kecil seperti jam tangan, pulpen, pipa rokok, gagang kacamata, dan lain-lain.

Harga Kayu Sonokeling

Harga kayu jenis sonokeling per papan, berbeda dengan satuan yang lain. Tergantung pada ukurannya yang berbeda-beda.

Untuk kayu sonokeling per lembar ukurannya lebih tipis dan lebar, harganya tidak jauh berbeda dengan papan, yaitu sekitar Rp1.000.000. Harga disesuaikan dengan berbagai ukuran.

Kayu sonokeling yang dijadikan papan, akan lebih memudahkan pembeli dalam pengolahannya menjadi berbagai furniture. Sebagian besar orang, menjadikan papan sonokeling sebagai lantai, kursi, lemari dan sebagainya. Harga per papan ada pada kisaran harga Rp800.000.

Kayu sonokeling dengan satuan batang, dinilai dengan harga yang cukup tinggi, hal ini dikarenakan ukurannya yang berbeda. Ukuran batang ini, tergolong sangat besar, karena dapat dibuat atau dibagi lagi menjadi ukuran papan dan log. Kisaran harganya dapat mencapai 5 juta rupiah lebih per batang. Bagi Anda yang berniat membeli, disarankan untuk memilih pembelian per batang, tentunya dengan pertimbangan bujet yang Anda miliki.

Demikianlah penjelasan mengenai karakteristik, manfaat, dan harga kayu sonokeling yang dapat dijadikan referensi bagi Anda. Semoga bermanfaat.

Ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI. Waktunya Merevolusi Pemberitaan!