Bagikan:

YOGYAKARTA - Tahukah Anda, banyak tokoh pejabat sekelas menteri dan wakil menteri lulusan Universitas Terbuka (UT). UT sendiri adalah Perguruan Tinggi Negeri (PTN) ke-45 di Indonesia yang sejak lama memperkenalkan konsep perkuliahan hybrid dan jarak jauh. Kampus ini sudah didirikan sejak tahun 1984 dengan lokasi kampus tersebar di beberapa wilayah Indonesia. Akreditasi UT saat ini adalah "A".

Menteri dan wakil menteri lulusan Universitas Terbuka ada yang memegang jabatan di Kementerian Kebudayaan, Kementerian Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan, hingga Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak.

Di antara mereka ada yang menjabat pada masa Presiden Soeharto, Presiden B.J Habibie hingga yang terbaru bergabung di Kabinet Merah Putih Presiden Prabowo Subianto.

Lantas siapa saja menteri dan wakil menteri lulusan Universitas Terbuka ini? Simak  informasi selengkapnya di bawah ini.

Menteri dan Wakil Menteri Lulusan Universitas Terbuka

Linda Amalia Sari atau Linda Agum Gumelar

Linda merupakan mantan Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak pada Kabinet Indonesia Bersatu II dan mantan ketua umum Kongres Wanita Indonesia (Kowani) periode 2004-2009. Istri dari Jenderal TNI (HOR) (Purn.) Agum Gumelar ini mengambil Jurusan Administrasi Negara, Fakultas Ilmu Sosial Politik.

Linda Agum Gumelar (tengah). (Foto: Istimewa)

Djoko Suyanto

Djoko Suyanto adalah Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan yang menjabat mulai tahun 2009-2014. Sebelumnya ia sempat menjabat posisi Panglima Tentara Nasional Indonesia. Pada tahun 1990, ia menerima gelar Sarjana Ilmu Politik dan Ilmu Sosial (FISIP).

Djoko Suyanto. (Istimewa)

Wiranto

Setelah lulus dari Sekolah Staf dan Komando Angkatan Darat (1984), Wiranto masuk ke Universitas Terbuka, Jurusan Administrasi Negara. Wiranto pernah menjabat sebagai Menko Polhukam di era dua presiden, yaitu era Presiden Abdurrahman Wahid dan Presiden Joko Widodo.

Sebelumnya, ia Menteri Pertahanan dan Keamanan Indonesia ke-19 dengan masa jabatan 14 Maret 1998 – 20 Oktober 1999. Setelah menyelesaikan tugasnya sebagai Menko Polhukam, sejak 13 Desember 2019 ia diberi kepercayaan oleh Presiden Joko Widodo sebagai Ketua Dewan Pertimbangan Presiden.

Wiranto. (Antara)

Abdullah Mahmud Hendropriyono

A.M Hendropriyono adalah lulusan sarjana (S1) Ilmu Politik UT Jakarta. Ia adalah mantan Menteri Transmigrasi dan Pemukiman Perambah Hutan Republik Indonesia Ke-10 era Presiden Soeharto dan B.J Habibie. Ia juga merupakan mantan Kepala BIN. Mertua dari mantan Panglima TNI Jenderal TNI (Purn) Andika Perkasa ini sudah menerima gelar doktor dari UGM dengan predikat cumlaude. Ia berhasil mempertahankan desertasinya dengan judul ‘Terorisme dalam Filsafat Analitika; Relevansinya dengan Ketahanan Nasional’ .

A.M. Hendropriyono. (Wikimedia Commons)

Giring Ganesha

Giring yang dulu populer dan besar dari grup band Nidji ini baru saja dilantik sebagai Wakil Menteri Kebudayaan, mendampingi Fadli Zon sebagai Menteri Kebudayaan. Sebelumnya Giring melanjutkan kuliah ke Universitas Paramadina dengan Jurusan Ilmu Hubungan Internasional. Namun, karena kesibukannya, kuliahnya tidak selesai.

Giring Ganesha. (Musica Studios)

Selanjutnya, pada tahun 2020, Giring mengambil kuliah di Universitas Terbuka dengan Jurusan Ilmu Komunikasi. Ia lulus pada 18 April 2023 dengan gelar S. I. kom.

Demikianlah daftar menteri dan wakil menteri lulusan Universitas Terbuka yang sudah menjabat sejak era presiden Soeharto hingga yang terbaru menjabat di era Presiden Prabowo Subianto. Kunjungi VOI.id untuk mendapatkan informasi menarik lainnya.