Bagikan:

JAKARTA - Anggota Kabinet Merah Putih tiba di Bandara Internasional Adisucipto, Yogyakarta, Kamis 24 Oktober.

Mereka melanjutkan perjalanan menggunakan bus menujuAkademi Militer (Akmil), Magelang untuk menghadiri agenda pembekalan selama 24-27 Oktober 2024.

"Para menteri baru saja mendarat di Adisucipto. Setelah ini akan naik bis ke Magelang," kata Kepala Kantor Komunikasi Kepresidenan Hasan Nasbi dikonfirmasi di Magelang, Kamis 24 Oktober, disitat Antara.

Ketibaan anggota kabinet di Yogyakarta didahului rombongan wakil menteri yang tiba sekitar pukul 14.40 WIB menggunakan pesawat Boeing A-7306 milik TNI AU.

Sejam kemudian, disusul kemudian rombongan menteri yang diangkut pesawat C-130J Super Hercules A-1340 milik TNI Angkatan Udara.

Anggota kabinet yang kompak mengenakan kemeja putih, celana bahan hitam serta topi warna biru navy itu bertolak dari Lanid Halim Perdanakusuma, Jakarta.

Kepala Kantor Komunikasi Kepresidenan Hasan Nasbi menginformasikan bahwa kegiatan itu dihadiri oleh Presiden Prabowo Subianto dan Wakil Presiden Gibran Rakabuming Raka yang berangkat dari Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, menggunakan pesawat kepresidenan.

Dalam pernyataannya, Hasan mengatakan para anggota Kabinet Merah Putih lepas landas menuju Magelang dengan Pesawat Hercules seri C130 J pada pukul 13.40 dari Halim Perdana Kusumah.

"Keakraban dan keguyuban para anggota kabinet tampak ketika memasuki pesawat milik TNI AU yang dibeli tahun 2023 ini. Berjejer di kursi panjang yang disusun berhadapan, para menteri tampak ceria, saling bercakap-cakap, dan berswafoto," ujarnya.

Ia mengatakan, para anggota kabinet tampak bersemangat karena bagi sebagian mereka kegiatan itu adalah kali pertama terbang menggunakan pesawat hercules.

"Sebuah pengalaman baru naik pesawat dengan duduk menyamping dan berjejer panjang," ujarnya.

Penerbangan menuju magelang memakan waktu sekitar 60 menit. Sesampainya di Lanud Adi Sucipto, para anggota kabinet akan menaiki beberapa bis menuju perkemahan di Borobudur Country Club, Magelang, kata Hasan menambahkan.

Dalam kegiatan Retreat Kabinet Merah Putih di Magelang ini, para menteri, Wakil Menteri, Kepala Badan, Utusan Khusus dan Staf Khusus Presiden akan mendapatkan gemblengan berupa materi tentang bernegara dan pemerintahan, termasuk materi penting soal pencegahan korupsi.

Selain mendapatkan berbagai materi tentang pemerintahan, kata Hasan, para peserta retreat juga memiliki waktu untuk saling mengenal dan mengakrabkan diri.

"Sebab Presiden Prabowo dalam arahannya meminta seluruh anggota kabinet bersatu, membangun sebuah super team total football yang siap menjalankan pemerintahan," katanya.

Hasan Nasbi menambahkan, kegiatan pembekalan di Akmil Magelang baru bergulir mulai Jumat 25 Oktober.