Bagikan:

JAKARTA - Presiden Amerika Serikat Joe Biden mengatakan pada Hari Selasa, calon presiden dari Partai Republik merupakan ancaman bagi Demokrasi dan harus dikurung "secara politis," saat ia mendesak Demokrat di kantor kampanye New Hampshire untuk memenangkan Pemilu bulan depan.

"Kita harus mengurungnya," kata Presiden Biden yang disambut tepuk tangan di kantor kampanye Partai Demokrat di Concord, New Hampshire, melansir Reuters 23 Oktober.

"Kurung dia secara politik. Kurung dia. Itulah yang harus kita lakukan," katanya.

Trump yang juga mantan presiden, ingin mengabaikan perlindungan Konstitusi AS, kata Presiden Biden.

"Demokrasi kita dipertaruhkan" jika Trump mengalahkan kandidat Demokrat Kamala Harris, katanya.

Trump, ketika ia mencalonkan diri sebagai presiden pada tahun 2016, berulang kali memimpin kampanye di mana orang banyak meneriakkan "penjarakan dia," mengacu pada calon Demokrat saat itu Hillary Clinton. Ia tidak menghalangi mereka dari nyanyian itu.

Tahun ini, dalam kampanye untuk Harris, massanya terkadang meneriakkan "penjarakan dia," merujuk pada Trump, yang telah dihukum atas 34 tuduhan kejahatan terkait dengan menutupi uang tutup mulut yang dibayarkan kepada seorang bintang porno.

Trump juga menghadapi tuduhan secara ilegal mencoba membatalkan kekalahannya dalam pemilihan umum 2020.

Namun, Harris menghentikan yel-yel tersebut, dengan mengatakan Departemen Kehakiman akan menangani masalah itu sementara ia berusaha mengalahkan mantan presiden itu di kotak suara.