Bagikan:

JAKARTA - Senjata self-propelled untuk pasukan lintas udara Lotos yang canggih, telah menjalani uji coba di zona operasi militer khusus, ungkap Presiden Kalashnikov Holding Alan Lushnikov dalam sebuah wawancara.

Lushinov mengatakan, Lotos dibuat untuk menggantikan unit artileri mandiri Nona yang telah beroperasi di unit artileri pasukan lintas udara sejak 1981.

"Lotos melampaui senjata self-propelled Nona-SM sebanyak 1,5 kali lipat dalam hal jarak tembak dengan amunisi fragmentasi ledakan tinggi standar, jatah amunisi yang dibawa, dan indikator daya integral dari amunisi fragmentasi ledakan tinggi dasar," jelas Lushnikov kepada TASS, seperti dikutip 4 September.

"Menanggapi pertanyaan kapan senjata itu bisa mulai digunakan oleh tentara kita, saya akan mengatakan bahwa senjata itu sudah digunakan oleh tentara kita, menjalani uji coba di zona operasi militer khusus," tambahnya.

Mengutip Army Recognition, 2S42 "Lotos" merupakan pelopor rekayasa militer Rusia, yang dirancang sebagai sistem mortir 120 mm gerak sendiri khusus untuk Pasukan Lintas Udara Rusia.

Dibuat berdasarkan sasis BMD-4M, Lotos bertujuan untuk menggantikan mortir swagerak 2S9 Nona. Dengan pekerjaan desain yang selesai pada Oktober 2018 dan prototipe pertama yang dibangun segera setelahnya, kendaraan tersebut melakukan debut publiknya pada Agustus 2019 di sebuah pameran pertahanan di dekat Moskow.

Direktur Jenderal TsNIITochMash Dmitry Yuryevich Semizorov, mengonfirmasi dalam sebuah wawancara pada Agustus 2023 dengan RIA Novosti bahwa Lotos telah menjalani uji coba pendahuluan dari Oktober 2020 hingga Maret 2022.

Tim redaksi Army Recognition melaporkan pada Agustus 2023 bahwa 2S42 telah memulai uji coba, yang menandai selesainya uji pendahuluannya pada Agustus 2022. Lotos menjalani pengujian ketat di darat dan air serta dijatuhkan dari berbagai ketinggian dan sudut. Setelah pengujian ini, para pengembang mengatasi masalah yang teridentifikasi, khususnya pada perangkat elektronik di dalam kendaraan, sistem pemuatan peluru, dan sasis. Khususnya, modifikasi dipengaruhi oleh wawasan yang diperoleh dari perang yang sedang berlangsung di Ukraina.

Persenjataan utamanya adalah mortir 120mm yang membuat Lotos dapat berfungsi baik sebagai mortir maupun howitzer, yang mampu melepaskan tembakan langsung dan tidak langsung.

Kendaraan ini memiliki sistem pemuatan otomatis dengan kapasitas hingga 40 peluru, termasuk peluru laras ganda yang dikembangkan secara khusus dan ranjau mortir 120 mm, yang meningkatkan daya mematikannya. Jarak tembak maksimum kendaraan ini mencapai hingga 13 km.

Lotos tidak hanya tangguh dalam hal daya tembak, tetapi juga dalam hal mobilitas dan pertahanan. Kendaraan ini memiliki lambung yang diperpanjang untuk meningkatkan kapasitas dan perlindungan, yang setara dengan BMD-4M IFV, Kendaraan Tempur Infanteri udara.

Untuk pertahanan diri, kendaraan ini mencakup stasiun senjata yang dikendalikan dari jarak jauh yang dipersenjatai dengan senapan mesin 7,62 mm dan pelontar granat asap.

Adaptasi pada sasis telah meningkatkan kecepatan dan jangkauan operasionalnya, dengan kendaraan mencapai kecepatan hingga 70 km/jam di jalan raya dan 40 km/jam di medan kasar.

Hebatnya, Lotos mempertahankan kemampuan amfibi, digerakkan oleh dua jet air. Ini juga dapat diangkut melalui udara dan diterjunkan melalui udara, menekankan mobilitas strategisnya untuk operasi udara.