Bagikan:

JAKARTA - Dua orang telah diselamatkan setelah malam yang mengerikan di laut saat ombak setinggi enam meter (20 kaki) menghempaskan yacht mereka yang terdampar hampir 200 mil (322 kilometer) dari pantai timur Australia, membuatnya hanyut dengan cepat menuju Selandia Baru.

Pihak berwenang pertama kali diberitahu tentang krisis kapal sekitar pukul 1 siang pada Hari Senin, ketika mereka menyebarkan suar marabahaya, tetapi butuh beberapa jam sebelum helikopter penyelamat pertama menemukan kapal tersebut.

Yacht Spirit of Mateship sepanjang 20 meter kehilangan daya dan komunikasi, dihantam angin berkecepatan hingga 90 kilometer per jam (56 mph) serta ombak setinggi enam meter.

"(Awak helikopter) dapat terbang di atas yacht dan mereka dapat berkomunikasi melalui radio dengan kapal pesiar, tetapi mereka tidak dapat menghubungi mereka," kata Ben Flight, manajer tugas di Pusat Tanggap Otoritas Keselamatan Maritim Australia, melansir CNN 3 September.

Upaya penyelamatan kemudian dibatalkan karena laut yang ganas, sehingga memaksa dua orang tersebut – yang disebut oleh polisi New South Wales sebagai Brett, 60, dan Lisa, 48 – untuk menghabiskan malam yang digambarkan Flight sebagai malam yang "mengerikan" di laut.

"Mereka tidak terluka, tetapi kapal tersebut mengalami masalah mekanis, dan mereka tidak dapat mengendalikannya. Mereka tidak dapat bergerak sendiri di air, jadi mereka terombang-ambing, dan mereka juga kemasukan air. Jadi, mereka berada dalam situasi yang cukup serius," kata Flight.

"Mereka seperti bergantung pada alam. Mereka pasti bergerak dengan sangat tidak nyaman. Cuacanya sangat berangin, berisik, dan mungkin juga cukup basah," lanjutnya.

Dua kapal Angkatan Laut Australia – HMAS Arunta dan HMAS Canberra – menjawab panggilan bantuan, serta pesawat C-130J Hercules Angkatan Udara Kerajaan Australia, menurut Angkatan Pertahanan Australia (ADF).

Kapal-kapal tersebut, bersama dengan kapal dagang di dekatnya, memantau lokasi yacht tersebut semalaman, dengan penyelamatan dilanjutkan pada dini hari, ketika kondisi telah membaik.

Kapal Polisi NSW Nemesis tiba di kapal pesiar tersebut sekitar pukul 3 Selasa dinihari, mengerahkan kapal yang lebih kecil untuk menyelamatkan para pelaut sekitar pukul 7:30 pagi di laut yang berombak dengan gelombang setinggi empat hingga lima meter.

Pasangan itu kembali ke pantai di Nemesis pada Selasa malam, mengatakan kepada wartawan di Sydney mereka "senang bisa kembali."

"Kapal itu lebih dari layak laut. Kami hanya lelah dan mabuk laut sehingga tidak dapat melanjutkan perjalanan lebih jauh," kata Brett.

Flight mengatakan hasilnya akan jauh lebih buruk jika kru tidak meluncurkan suar marabahaya, yang mengeluarkan peringatan satelit untuk memberi tahu pusat koordinasi penyelamatan tentang lokasi mereka.

Diketahui, Spirit of Mateship telah berkompetisi dalam perlombaan kapal layar bergengsi Sydney ke Hobart beberapa kali yang diawaki oleh para veteran dan personel militer.

Bersama-sama mereka mengumpulkan uang untuk mendukung veteran militer. Namun, menurut Flight, yacht tersebut telah berpindah tangan sejak saat itu.