Bagikan:

JAKARTA - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) masih menelusuri keaslian foto Wali Kota Medan Bobby Nasution yang berpergian dengan jet pribadi. Proses ini penting sebelum memanggilnya untuk minta klarifikasi.

“(Direktorat Gratifikasi, red) sedang memastikan fotonya apakah orisinil lalu akan kirim surat permintaan klarifikasi,” kata Deputi Pencegahan dan Monitoring KPK Pahala Nainggolan kepada wartawan, Jumat, 6 September.

Proses klarifikasi, sambung Pahala, pasti bakal dilakukan jika terbukti foto tersebut orisinil. “Iya (klarifikasi dilakukan, red) karena (Bobby Nasution, red) penyelenggara negara,” tegasnya.

“Justru diklarifikasi (untuk menjelaskan, red) apakah fasilitas itu biaya pribadi atau pemberian,” imbuh dia.

Diberitakan sebelumnya, foto menantu Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang juga Wali Kota Medan Bobby Nasution diduga menaiki jet pribadi diunggah oleh akun X, @MurtadhaOne1 pada Rabu, 28 Agustus. Salah satunya, menunjukkan ia berjalan di apron dengan latar belakang sebuah pesawat pribadi yang terparkir di belakangnya.

Dalam unggahannya, akun ini menyebut Bobby Nasution dan keluarganya juga naik jet pribadi yang diduga milik pihak lain. “Ini masuk gratifikasi atau bukan nih @KPK_RI?” tanyanya.

Warganet tersebut kemudian mengatakan foto diambil sekitar 18-20 Februari 2023 di Bandara Polonia yang sekarang sudah berganti nama.