Kemenhub Bangun TBBM di Labuan Bajo, Beroperasi 2023
Groundbreaking TBBM (dok. Kementerian Perhubungan)

Bagikan:

LABUAN BAJO - Kementerian Perhubungan dan PT Pertamina Persero membangun depot Terminal Bahan Bakar Minyak (TBBM) dari area pembangunan Terminal Multipurpose Wae Kelambu di Pelabuhan Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur. Proyek tersebut ditargetkan rampung tahun 2023.

TBBM Pelabuhan Labuan Bajo akan menjadi lumbung BBM untuk Kabupaten Manggarai dan Manggarai Barat. Proyek tersebut dijalankan untuk mendukung Labuan Bajo menjadi Destinasi Pariwisata Super Premium.

"Saya menyampaikan apresiasi kepada Kementerian BUMN, PT. Pertamina, PT. Pelindo III, serta Pemda NTT yang telah mendukung terwujudnya pembangunan TBBM sebagai bagian dari pembangunan Terminal Multipurpose Wae Kelambu, dalam rangka mendukung sektor pariwisata di Labuan Bajo," tutur Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dalam keterangan resminya, Jumat, 26 Maret.

Menhub Budi mengatakan kehadiran TBBM ini akan memberikan dukungan energi secara langsung di Labuan Bajo. Pelabuhan ini akan menyumbang kontribusi yang positif, ditambah dengan terminal yang nanti menjadi terminal international.

Wagub NTT Josef Nae Soi menyambut baik dibangunnya TBBM di Terminal Multipurpose Wae Kelambu. Adanya TBBM ini akan memperlancar pasokan BBM bagi masyarakat di Labuan Bajo dan sekitarnya.

“Pelabuhan ini sangat luar biasa dengan telah memenuhi standar internasional, terima kasih kepada pak Menhub, Menteri BUMN, dan Menteri ESDM. Ini kolaborasi yang luar biasa. Jarak yang ditempuh untuk BBM juga menjadi lebih dekat, “ ucap Wagub NTT.

Selain Menhub Budi Karya, kegiatan Peletakan Batu Pertama (Groundbreaking), yang menandai dimulainya Pembangunan TBBM di Terminal Multipurpose Wae Kelambu. Turut hadir secara virtual dalam Groundbreaking TBBM, Menteri BUMN Erick Thohir dan Menteri ESDM Arifin Tasrif.