Bagikan:

JAKARTA - Bakal pasangan calon Gubernur-Wakil Gubernur DKI Jakarta Dharma Pongrekun-Kun Wardana resmi mendaftar Pilkada 2024 ke kantor KPU DKI Jakarta pada hari terakhir masa pendaftaran.

Dharma-Kun tiba di kantor KPU DKI Jakarta sekitar pukul 19.20 WIB mengenakan kemeja putih. Ia didampingi ketua tim suksesnya, Kamaruddin Simanjuntak yang dikenal sebagai mantan pengacara Brigadir J.

Dalam sambutannya, Dharma meminta kepada penyelenggara pemilu dan semua pihak yang mendukungnya untuk memperhatikan langkahnya dalam menjalani kontestasi pilkada. Hal ini dimaksudkan agar sesuai dengan harapan masyarakat.

"Mohon doa restunya, tolong kami dijaga agar kami tetap fokus dalam perjuangan ini, tidak miring ke kanan maupun miring ke kiri, hanya untuk kemuliaan Allah SWT, Tuhan Yang Maha Kuasa," kata Dharma di kantor KPU DKI Jakarta, Jakarta Pusat, Kamis, 29 Agustus.

Dharma mengaku proses pengumpulan dukungan sebagai pasangan calon jalur independen hingga pencalonannya diwarnai dinamika.

Di mana, saat Dharma-Kun melakukan pengumpulan ratusan ribu KTP, banyak warga yang menemukan nomor induk kependudukan miliknya (NIK) dicatut sebagai pendukung. Pencatutan ini ditemukan pada Sistem Informasi Pencalonan (Silon) KPU.

Dharma-Kun pun sempat dilaporkan ke Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) atas pencatutan NIK, meski sudah berdalih bahwa kesalahan itu terjadi tanpa sepengetahuannya. Belakangan, Bawaslu memutuskan Dharma-Kun tak melakukan pelanggaran pidana pemilu.

"Tahap demi tahap kami lalui dengan segala macam problematik dan dinamikanya. Di mana, kami sampai pada tahap ini dan kami tiba malam hari ini juga atas izin tuhan dan juga atas profesionalisme yang telah dilakukan oleh semua pihak yang berperan sebagai penyelenggara," ujar Dharma.

Sebelumnya pada Rabu, 28 Agustus, dua bakal pasangan cagub-cawagub Jakarta telah mendaftar ke KPU, yakni Pramono Anung-Rano Karno yang diusung PDI Perjuangan (PDIP) dan Ridwan Kamil-Suswono yang diusung Partai Gerindra, PKS, Golkar, NasDem, PKB, PSI, Demokrat, PAN, Perindo, PPP, Garuda, Gelora, dan PBB.

KPU menjadwalkan Pramono-Rano menjalani pemeriksaan kesehatan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Tarakan, Jakarta Pusat, pada tanggal 30 Agustus mulai pukul 07.00 WIB.

Sementara untuk pasangan Ridwan Kamil-Suswono direncanakan menjalani pemeriksaan kesehatan keesokan harinya pada 31 Agustus di jam yang sama.

KPU DKI Jakarta menyatakan seluruh persyaratan yang disertakan oleh dua bakal calon gubernur dan wakil gubernur telah lengkap. Selanjutnya, KPU mulai melakukan verifikasi administrasi pendaftaran hingga 5 September 2024.