Prabowo Fokus SDM, Bahkan Siapkan Kaus Kaki hingga Susu untuk Kader Gerindra
Prabowo Subianto (DOK Instagram pribadi)

Bagikan:

JAKARTA - Politikus Partai Gerindra Kamrussamad menegaskan regenerasi sangat penting bagi partai berlambang burung Garuda itu. 

Menurutnya, Ketua Umum (Ketum) sekaligus Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra, Prabowo Subianto sangat fokus terhadap kaderisasi dan penyiapan sumber daya manusia (SDM). Pasalnya, kata dia, investasi Prabowo di Partai Gerindra adalah SDM. 

Kamrussamad mengatakan, Prabowo bahkan sampai menyiapkan hal terkecil sekalipun. Dari kaus kaki hingga susu yang diminum oleh setiap kadernya untuk dipersiapkan sebagai pengurus dan jabatan lain yang dipercayakan oleh rakyat.

“Beliau investasi terbesarnya di SDM, mulai dari kaos kaki, sepatu sampai topi sampai minum susu beliau yang siapkan. Jadi concern beliau pengembangan SDM di Partai Gerindra. Bukan hanya menjadi pengurus partai tapi next akan menjadi orang-orang yang akan dipercaya oleh masyarakat di tempat-tempat pengabdian baru,” ujar Kamrussamad dalam diskusi Senjakala Regenerasi Parpol secara daring, Sabtu 27 Maret.

Bahkan untuk mempersiapkan Pemilu 2014, Gerindra juga sudah melakukan sistem pengkaderan sejak 2010 hingga 2012. Dimana diniatkan membuat acara di Bogor dan diwajibkan bagi ketua, sekretaris dan bendahara sampai ke tingkat PAC untuk ikut menjalani program ini selama 7 hari 7 malam.

“Proses itu tiga tahun yang memperkuat infrastruktur kita menghadapi 2014. Sehingga kenaikan dari 2009 ke 2014 itu lebih dari 100 persen karena infrastruktur organisasi, kesiapan SDM kader di tingkat PAC itu makin kuat, karena ada kesamaan visi, kesamaan pandangan,” jelas Kamrussamad.

Mengenai Prabowo yang masih menjabat sebagai ketua umum dan mencalonkan diri pada Pilpres, Kamrussamad menuturkan, hal itu lantaran kepercayaan kader dan masyarakat masih tinggi.

“Leadership, kepemimpinan Pak Prabowo membawa suatu prestasi dan mendapat kepercayaan rakyat, atas dasar itu, dari kongres ke kongres, kader memberikan kepercayaan beliau untuk memimpin partai karena ada tren positif kepercayaan rakyat,” katanya.

Menurut anggota Komisi XI DPR ini, Gerindra selalu menjadikan Prabowo sebagai pemimpin utama sekaligus tokoh dalam menjaga kepercayaan rakyat. 

Dalam mengelola organisasi kepartaian, juga dibagi dalam beberapa badan. Diantaranya, badan seleksi, proses evaluasi, dan ada penghargaan yang diberikan kepada Ketua DPC maupun DPD yang berhasil mencapai target baik dalam Pemilu ataupun Pilkada.

“Dinamikanya relatif terkontrol, nuansanya demokrasi terpimpin kalau di Gerindra, sarana pengambilan keputusan ada di Dewan Pembina,” katanya.