Bagikan:

JAKARTA - Ketua Umum PDI Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri mengingatkan para calon kepala daerah yang diusung untuk bertempur dan menang di Pilkada 2024. Mereka harus siap turun ke lapangan.

“Ini gelombang ketiga, alhamdulillah, tadi sudah ditayangkan dan setiap saya kasih penugasan saya bilang kalau di PDI Perjuangan ini mesti tempur, mesti menang,” kata Megawati dalam sambutannya saat mengumumkan calon kepala daerah gelombang ketiga di kantor DPP PDIP, Menteng, Jakarta Pusat, Senin, 26 Agustus.

Megawati bilang semua calon kepala daerah bisa saja menganggap kemenangan bakal mudah diraih. Tapi, baginya tak ada cara lain untuk meraihnya yakni dengan turun bertemu masyarakat.

“Semuanya sih bilang ‘menang bu’. Ya, gampang kalau ngomong, nanti di lapangan (beda lagi, red),” ujar Presiden ke-5 RI itu sambil tertawa.

“Saya suka mikirin kadang-kadang antara keinginan dengan kenyataan itu suka jauh. Padahal, saya suka bilang realistis, obyektif, gitu lah. Makanya suruh turun ke bawah terus,” sambung Megawati.

Perjuangan ini ditegaskan Megawati harus dilakukan dengan maksimal. Apalagi, dirinya sudah memberikan rekomendasi tanpa adanya politik uang atau money politik.

Bahkan, Megawati bersama Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto dan Ketua DPP PDIP yang juga anaknya, Prananda Prabowo mengaku sampai pegal mengurusi para calon. Salah satu rekomendasi pencalonan diberikan kepada eks Panglima TNI Jenderal (Purn.) Andika Perkasa bersama eks Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi untuk maju di Jawa Tengah.

“Saya, Pak Hasto, Mas Prananda semua tangannya encok. Jadi kalian kalau enggak menang, ya, ada risiko. Sampai tiap malam saya kasih apa itu namanya, dikasih balur-balur, di sininya dikasih koyo-koyo, coba gitu tuh, Pak Andika enggak ada kasih duit sama saya,” pungkas dia.