Molor Sebulan dari Target, TPU COVID-19 Rorotan Mulai Digunakan
ILUSTRASI/Tempat Pemakaman Umum (TPU) Bambu Apus (Foto Diah Ayu Wardani/VOI)

Bagikan:

JAKARTA - Pemprov DKI mulai membuka tempat pemakaman umum (TPU) khusus jenazah COVID-19 di Rorotan hari ini. TPU ini berlokasi di lingkungan RW 09 Kelurahan Rorotan, Kecamatan Cilincing, Jakarta Utara.

"TPU Rorotan mulai hari ini mulai menerima pelayanan. Sudah ada tiga jenazah dimakamkan hari ini," kata Plt Kepala Suku Dinas Pertamanan dan Hutan Kota Jakarta Utara, Mila Ananda kepada VOI, Jumat, 26 Maret.

Pembukaan lahan TPU Rorotan molor satu bulan dari target pengerjaannya. Sebelumnya, Pemprov DKI menargetkan akhir bulan Februari TPU Rorotan sudah dapat digunakan.

Penyebab lamanya persiapan lahan makam TPU Rorotan adalah proses pematangan lahan. Beberapa bulan sebelumnya, struktur tanah TPU Rorotan masih cukup basah karena berada di kawasan pesisir Jakarta. Oleh sebab itu, Pemprov DKI menyiasatinya dengan pematangan lahan berupa pengurukan. 

"Pematangan lahan sudah dilakukan dengan pengurukan tanah bekas galian, bekerjasama dengan MRT, Dinas Sumber Daya Air, dan DInas Bina Marga," jelas Mila.

Mila menuturkan, saat ini lahan makam TPU Rorotan diprioritaskan untuk jenazah yang memiliki KTP DKI. "Diutamakan khusus jenazah COVID-19 yang ber KTP DKI Jakarta terlebih dahulu karena kondisinya darurat mengingat keterbatasan lahan pemakaman COVID-19 di wilayah DKI Jakarta," tutur dia.

Pemprov DKI menyiapkan lahan makam TPU Rorotan seluas 2 hektare. Namun, saat ini yang sudah siap digunakan baru sekitar 8.000 meter persegi dengan kapasitas 1.500 petak makam.

Sementara, proses pembangunan TPU Rorotan masih terus berjalan. Secara bertahap, pengerjaan akses jalan masuk dan lampu penerangan masih dikerjakan. Sudin Pertamanan dan Hutan Kota Kota Administrasi Jakarta Utara mengerahkan 18 petugas yang dibagi menjadi tiga tim untuk mendukung proses pemakaman jenazah COVID-19. 

"Kita siagakan mereka di sana termasuk 4 petugas keamanan. Ke depannya, TPU Rorotan akan ditata seperti TPU lainnya," imbuh dia.