Akses Jalan Masih Dibuat, TPU COVID-19 Rorotan Baru Bisa Dipakai Februari
Ilustrasi (Foto: Unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - Kapusdatin Dinas Pertamanan dan Hutan Kota DKI Jakarta, Ivan Murcahyo menyebut tempat pemakaman umum (TPU) Rorotan, Jakarta Utara akan bisa digunakan sebagai pemakaman khusus COVID-19 pada bulan Februaru 2021.

Penyiapan lahan pemakaman di TPU Rorotan dimulai sejak tanggal 17 September 2020. Namun, sampai saat ini masih dalam proses persiapan dengan pembukaan akses jalan.

"TPU Rorotan Sebenarnya sudah siap, tapi Sekarang tinggal buat akses menuju ke pemakamannya. Kalau kita bisa kejar dan cuaca terang terus, enggak banyak hujan, bisa kita segerakan di minggu pertama atau minggu kedua di bulan Februari," kata Ivan saat dihubungi, Selasa, 26 Januari.

Luas lahan yang disiapkan di TPU Rorotan sekitar 2 hektare atau 20 ribu meter persegi. Namun, saat ini lahan yang akan dipakai baru mencapai 8.000 meter persegi.

"Lahan 8.000 hektare ini kita optimalkan dan mungkin estimasi kita ini sekitar 1.500 petak bisa kita pakai," ungkap Ivan.

 

Jika pematangan lahan sebesar dua hektare selesai, DKI akan membagi lahan untuk pemakaman muslim dan nonmuslim masing-masing 1 hektare.

Sampai saat ini, ada 8 TPU yang menajadi lahan pemakaman COVID-19 DKI. Tiga TPU yakni TPU Pondok Ranggon, TPU Tegal Alur, dan TPU Srengseng Sawah tak lagi mampu menampung jenazah COVID-19 baru karena telah penuh.

Lalu, TPU Semper, TPU Joglo, TPU Dukuh, dan TPU Rorotan masih dalam proses persiapan. Dengan demikian, terdapat satu TPU yang masih dapat digunakan yakni TPU Bambu Wulung atau Bambu Apus. Hanya saja, TPU Bambu Wulung menjadi pemakaman khusus jenazah muslim.

"Sekarang kita coba kejar ini ketersediaan untuk muslim kan sudah semakin dikejar karena relatif kebutuhan lebih banyak," tutur dia.