Baru Dibuka 11 Hari, TPU Srengseng Sawah Hanya Sisakan 15 Petak Makam COVID-19
Ilustrasi - Pemakaman yang diambil dari udara (Unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - Kepala Satuan Pelaksana Zona 15 TPU Srengseng Sawah, Sutandyo menyebut kapasitas lahan makam jenazah khusus COVID-19 di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Srengseng Sawah, Jakarta Selatan, menyisakan 15 petak pada hari ini.

TPU Srengseng Sawah mulai dijadikan tempat pemakaman jenazah COVID-19 pada 12 Januari lalu. Lahan makamnya memiliki kapasitas 560 petak. 

"Kapasitas makam sekarang 560 petak. Sampai kemarin sore telah terpakai 530 petak, jadi sisa 30 makam kemarin. Hari ini, telah masuk 15 jenazah dan menyisakan 15 petak per pukul 12.00 WIB," kata Sutandyo saat dihubungi, Jumat, 22 Januari.

Sutandyo mengatakan, tidak menutup kemungkinan jenazah COVID-19 akan kembali datang pada sore ini dan membuat kapasitas penuh 100 persen. Sebab, biasanya, dalam satu hari TPU Srengseng Sawah menerima 50 jenazah dalam satu hari.

"Kalau nanti ada 15 jenazah lagi yang masuk, berarti selesai (penuh)," ujar dia.

Sebenarnya, Pemprov DKI berencana untuk kembali mengeruk lahan untuk menambah kapasitas makam di TPU Srengseng Sawah. Namun, hingga kini Sutandyo belum menerima informasi lebih lanjut terkait perluasan lahan makam.

"Hari ini mau ada kerja bakti membersihkan tanaman yang ada di sekitar sini. Tapi, saya tidak tahu (lahan yang dibersihkan) akan dipakai Dinas (Pertamanan dan Hutan Kota DKI) atau tidak. Belum ada keputusan apa-apa," ungkap Sutandyo.

Mengingat TPU Srengseng Sawah diperkirakan penuh hari ini, pemakaman jenazah COVID-19 selanjutnya akan dikuburkan di TPU lain, yakni TPU Bambu Apus di Jakarta Timur.

"Pindah ke lokasi lain, di Jakarta Timur sudah disiapkan sama Dinas. Di TPU Bambu Apus," ujarnya.