Siasat Pengelola TPU Bambu Apus, Pangkas Ukuran Makam Demi Tampung Jenazah COVID-19
Tempat Pemakaman Umum (TPU) Bambu Apus (Foto Diah Ayu Wardani/VOI)

Bagikan:

JAKARTA - Dalam 8 hari sejak dibuka, lahan makam khusus COVID-19 di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Bambu Apus sudah diisi 306 jenazah COVID-19, terhitung sejak Kamis, 21 Januari hingga Kamis, 28 Januari.


Total petak makam yang disiapkan sebanyak 700 makam. Dengan banyaknya jenazah baru yang dimakamkan, diperkirkan lahan makam seluas 3.000 haktare ini akan penuh dalam 1 bulan.


Agar lebih banyak makam yang dapat ditampung, pengelola TPU Bambu Apus menyiasatinya dengan carai memangkas ukuran tiap petak.


Pengawas Pelaksana Khusus Pemakaman Covid-19 TPU Bambu Apus, Muhaimin, menyebut pihaknya memperkecil luas lubang menjadi 1,2 x 2,2 meter, dari sebelumnya seluas 1,5 x 2,2 meter.


“Walau ukurannya lebih kecil namun masih ada jarak sekitar 40 sentimeter setiap sisinya saat memasukkan peti jenazah,” kata Muhaimin kepada wartawan, Jumat, 28 Januari.


Menurut Muhaimin, penghematan ukuran akan dapat menambah jumlah lubang atau petak makam. Pemangkasan luas petak makam itu akan menambah dua kali lipat jumlah jenazah yang dapat tertampung menjadi 1.500 petak makam.


“Diperkirakan, jumlah petak makam yang bisa ditambahkan di lahan tersebut sekitar 850 sampai 900 lubang,” tambahnya.⁣

⁣Saat ini, petugas penggali makan di TPU Bambu Apus ditambah menjadi sekitar 35 orang untuk penanganannya karena jenazah yang terus bertambah dan penggalian yang memakan banyak waktu. ⁣