Bagikan:

JAKARTA - Anggota Komisi III DPR dari Fraksi NasDem, Taufik Basari, meminta Polda Metro Jaya untuk melepaskan puluhan pendemo yang melakukan aksi demonstrasi di gedung DPR hari ini. 

Taufik mengaku telah menerima laporan pengaduan dari YLBHI dan Tim yang mengadvokasi demonstrasi hari ini di DPR terkait adanya peserta aksi yang ditangkap dan mendapatkan kekerasan.

Berdasarkan pengaduan yang diterima tim advokasi, sebanyak 11 orang ditangkap pada saat aksi dan 9 orang yang ditangkap setelahnya. Sementara itu, terdapat tiga orang yang mengalami luka- luka serius.

"Kami minta Polda Metro Jaya dapat melepaskan para pendemo mengingat juga demonstrasi telah selesai dan tuntutan telah diakomodir," ujar Taufik kepada wartawan, Kamis, 22 Agustus.

Taufik juga meminta agar pihak kepolisian memberikan akses kepada tim advokasi yang mendampingi agar bisa mendapatkan kejelasan data terkait pengaduan yang mereka terima. 

 

Politikus NasDem itu juga mendesak agar peserta aksi yang terluka bisa mendapatkan akses kesehatan di rumah sakit terdekat.

“Saya meminta agar pihak Kepolisian memberikan akses kepada tim advokasi agar dapat terjaga situasi yang kondusif”, kata Taufik.