Bagikan:

JAKARTA - Pengusaha teknologi Inggris Mike Lynch hilang setelah kapal pesiar mewah dihantam badai dahsyat dan tenggelam di lepas pantai ibu kota Sisilia, Palermo.

Penjaga Pantai Italia dan petugas pemadam kebakaran menyelamatkan 15 orang, termasuk seorang anak, setelah kapal yang mengibarkan bendera Inggris itu tenggelam ketika angin puyuh dan gelombang laut yang ganas menghantam daerah itu saat matahari terbit.

Kapal tersebut membawa 2 warga negara Inggris-Prancis, seorang warga negara Irlandia, seorang warga Selandia Baru dan seorang warga Sri Lanka, kantor berita Adnkronos melaporkan. Sedangkan sisanya adalah warga Inggris. Data terbaru, satu orang dilaporkan meninggal.

Kembali ke Lynch. Pria berusia 59 tahun, dibebaskan pada Juni oleh juri di San Francisco atas tuduhan penipuan terkait dengan penjualan perusahaan perangkat lunaknya, Autonomy, ke Hewlett-Packard seharga 11 miliar dollar AS pada tahun 2011.

Dilanir Reuters, penjualan tersebut mengokohkan reputasi Lynch sebagai jawaban Inggris terhadap Bill Gates, namun dengan cepat berubah menjadi buruk setelah Hewlett-Packard mencatatkan nilai Autonomy sebesar 8,8 miliar dollar AS.

Lynch mengatakan dia "sangat gembira" karena dibebaskan dalam persidangan pidana, di mana dia mengambil sikap membela dirinya sendiri, menyangkal melakukan kesalahan apa pun kepada juri dan menyalahkan HP karena merusak integrasi kedua perusahaan.