Bagikan:

JAKARTA - Penasihat Presiden Rusia Yuri Ushakov mengatakan pada Hari Senin, Moskow belum siap untuk mengadakan perundingan damai dengan Ukraina untuk saat ini mengingat serangan Kyiv terhadap wilayah Kursk Rusia, tetapi Rusia tidak menarik kembali proposal perdamaian sebelumnya.

Ushakov membuat komentar tersebut dalam sebuah pernyataan video yang disiarkan oleh outlet berita SHOT.

"Pada tahap ini, mengingat usaha ini (serangan Kursk), kami tidak akan berbicara," kata Ushakov, melansir Reuters 19 Agustus.

Serangan kilat Ukraina, yang merupakan serangan terbesar ke Rusia oleh kekuatan asing sejak Perang Dunia Kedua, dimulai pada tanggal 6 Agustus ketika ribuan tentara Ukraina melintasi perbatasan barat Rusia .

Ketika ditanya apakah proposal untuk perundingan damai yang diajukan oleh Presiden Rusia Vladimir Putin pada Bulan Juni sekarang tidak lagi diajukan, Ushakov mengatakan, tidak.

"Tidak, (proposal-proposal) itu belum dibatalkan. Namun, pada titik ini, tentu saja, sama sekali tidak pantas untuk memasuki proses negosiasi apa pun," jelas Ushakov.

Ketika ditanya berapa lama Moskow akan mempertahankan pendiriannya untuk menunda prospek perundingan dengan Kyiv, Ushakov berkata:

"Saya tidak tahu. Itu akan tergantung pada situasi, termasuk di medan perang."

Diketahui, Presiden Putin pada Bulan Juni mengatakan, Rusia akan mengakhiri