Bagikan:

JAKARTA - Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi menerima tanda jasa Medal of Honour ‘The Star of Merit of the Order of the State of Palestine’ dari Pemerintah Palestina.

Penghargaan dari Presiden Mahmoud Abbas itu diserahkan secara langsung oleh Menteri Luar Negeri Palestina Riyad Al-Maliki di Gedung Pancasila, Kementerian Luar Negeri RI di Jakarta.

"Atas nama Presiden Palestina, saya menyerahkan medali tanda jasa untuk Yang Mulia Menteri Luar Negeri karena komitmennya selama bertahun-tahun sebagai sebagai kolega bekerja sama dalam beberapa tahun terakhir," kata Menlu Al-Maliki, Senin 19 Agustus.

Diketahui, Medal of Honour ‘The Star of Merit of the Order of the State of Palestine’ merupakan penghargaan Palestina yang diberikan oleh Presiden Palestina kepada pejabat setingkat menteri, duta besar, utusan, hingga anggota parlemen negara sahabat yang dinilai berjasa untuk Palestina.

Penyerahan tanda jasa ini dilakukan di sela-sela peresmian pemugaran Gedung Pancasila yang dihadiri oleh sekitar 49 duta besar negara sahabat, 10 perwakilan negara asing non duta besar, hingga mantan menteri luar negeri Alwi Shihab, Hassan Wirajuda dan Marty Natalegawa.

Selain Menlu Retno, Palestina juga memberikan penghargaan tertinggi, Grand Collar Order of the State of Palestine untuk Presiden Joko Widodo di Istana Merdeka.

Penghargaan ini diberikan sebagai bentuk pengakuan atas dukungan konsisten Indonesia terhadap perjuangan rakyat Palestina untuk kemerdekaan.

"Utusan Khusus menyampaikan penghargaan yang sangat tinggi dari Presiden Mahmoud Abbas kepada Presiden Republik Indonesia atas posisi Indonesia yang konsisten untuk mendukung perjuangan bangsa Palestina," ujar Menlu Retno.

Selain memberikan penghargaan, Utusan Khusus juga menyampaikan ucapan selamat dari Presiden Abbas kepada Presiden Jokowi dan seluruh rakyat Indonesia atas peringatan Hari Kemerdekaan Ke-79 Republik Indonesia.