Bagikan:

JAKARTA - Duta Besar Rusia untuk Indonesia Sergei Gennadievich Tolchenov memuji hubungan kedua negara, saat mengucapkan ucapan selamat Hari Ulang Tahun ke-79 Republik Indonesia, Hari Sabtu.

"Atas nama Kedutaan Besar Federasi Rusia di Republik Indonesia dan atas nama pribadi, saya ingin menyampaikan ucapan selamat yang tulus atas peringatan Hari Kemerdekaan Indonesia yang ke-79," kata Duta Besar Tolchenov dalam pesan video di saluran Telegram resmi kedutaan, Sabtu 17 Agustus.

Memuji hubungan kedua negara, Dubes Tolchenov berharap kerja sama tersebut dapat ditingkatkan menjadi lebih produktif di berbagai bidang.

"Hubungan antara Rusia dan Indonesia secara tradisional bersifat bersahabat dan konstruktif. Saya yakin bahwa melalui upaya bersama, kita dapat memastikan kerja sama bilateral yang lebih produktif di berbagai bidang dan kemitraan dalam urusan internasional," ujarnya.

Pekan lalu, Dubes Tolchenov bersama dengan sembilan duta besar negara sahabat lainnya, menyerahkan surat kepercayaan kepada Presiden Joko Widodo di Istana Merdeka, Jakarta.

"Semoga masa depan membawa kebahagiaan dan kemakmuran bagi semua warga negara Indonesia serta memperkuat persahabatan dan saling pengertian antara rakyat kedua negara," harap Dubes Tolchenov.

Diketahui, Dubes Tolchenov mengawali karir diplomatiknya pada tahun 1988 sebagai diplomati di Kedutaan Besar Uni Soviet di Kerajaan Kamboja, usai tamat dari Institut Hubungan Internasional Negeri Moskow, dikutip dari situs Kedutaan Besar Federasi Rusia untuk Republik Indonesia.

Dari sana, ia berkarir di Kedutaan Besar Federasi Rusia di Republik Sosialis Vietnam pada 1994-1998 dan 2002-2005.

Ia juga sempat menjadi diplomat pada Konsulat Jenderal Federasi Rusia di Ho Chi Minh, Republik Sosialis Vietnam pada tahun 2000-2002.

Sebelum menjadi Duta Besar, Ia sempat menjadi Minister-Counsellor pada Kedutaan Besar Federasi Rusia untuk Republik Indonesia.