Bagikan:

JAKARTA - Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Antony Blinken mengucapkan selama Hari Ulang Tahun ke-79 Republik Indonesia, memuji kerja sama Washington dengan Jakarta, berharap peningkatan hubungan di bawah kepemimpinan baru, dalam uggahan situs Kementerian Luar Negeri AS.

"Atas nama Amerika Serikat, saya menyampaikan ucapan selamat kepada rakyat Indonesia atas Hari Kemerdekaan Anda," kata Menlu Blinken dikutip dari situs Kementerian Luar Negeri AS, Sabtu 17 Agustus.

Dalam kesempatan tersebut, Menlu Blinken memuji hubungan AS-Indonesia yang sudah memasuki 75 tahun, serta peningkatan hubungan kedua negara menjadi kemitraan strategis.

"Seiring dengan perayaan 75 tahun hubungan bilateral Amerika Serikat dan Indonesia, kami tetap bersatu dalam tujuan untuk memajukan demokrasi, menghormati supremasi hukum, dan persahabatan antara rakyat kita," katanya.

"Menandai babak baru yang bersejarah dalam hubungan bilateral kita, Presiden Jokowi dan Presiden Biden mengangkat hubungan AS-Indonesia menjadi Kemitraan Strategis Komprehensif November lalu," puji Menlu Blinken.

Selain itu, Menlu Blinken juga mengucapkan selamat kepada presiden terpilih Prabowo Subianto, berharap dapat bekerja sama untuk memperluas kerja sama dalam berbagai isu yang menjadi perhatian bersama.

"Termasuk membina perdamaian dan keamanan di Indo-Pasifik, mengatasi krisis iklim dan transisi energi bersih, mendorong pembangunan berkelanjutan, menegakkan perlindungan hak asasi manusia, dan memajukan transformasi digital Indonesia," urai Menlu Blinken.

Menlu Blinken menekankan, Amerika Serikat akan terus bermitra dengan Indonesia untuk mendorong stabilitas dan kemakmuran di kawasan Indo-Pasifik, baik secara bilateral maupun melalui keterlibatan dengan ASEAN

"Pada Hari Kemerdekaan ini, kami menyampaikan harapan terbaik kami kepada rakyat Indonesia," pungkasnya.