Bagikan:

JAKARTA - Menteri Luar Negeri Amerika Serikat kembali mengunjungi Timur Tengah, guna meningkatkan upaya kesepakatan gencatan senjata dalam konflik di Jalur Gaza, Palestina, usai pertemuan di Doha Qatar pekan lalu.

Ini menjadi kunjungan kesembilan Menlu Blinken ke Timur Tengah, sejak konflik di Gaza pecah pada 7 Oktober 2023 lalu. Ia terbang dari Amerika Serikat pada Sabtu malam waktu setempat dan diperkirakan tiba Hari Minggu.

Di Israel, ia dijadwalkan bertemu dengan Perdana Menteri Benjamin Netanyahu pada Hari Senin, pukul 11 siang waktu setempat, kata seorang pejabat Israel, dikutip dari The Times of Israel 19 Agustus.

Selain dengan PM Netanyahu, Menlu Blinken juga dijadwalkan bertemu dengan Menteri Pertahanan Yoav Gallant, Menteri Luar Negeri Israel Katz dan Presiden Isaac Herzog.

Sementara itu, negosiator Israel dijadwalkan untuk mengadakan pembicaraan lebih lanjut di Kairo pada Minggu malam, dan kelompok kerja tetap berada di Doha.

Sebelumnya, Presiden AS Joe Biden memuji negosiasi pekan lalu, memperingatkan tidak ada pihak-pihak yang bisa mengganggu upaya gencatan senjata konflik di Gaza.

KTT serupa lainnya dilaporkan dijadwalkan sementara, kali ini di Kairo, Mesir pada hari Rabu atau Kamis mendatang.

Terpisah, otoritas kesehatan di Gaza mengumumkan pada Hari Minggu, jumlah korban tewas warga Palestina di wilayah kantong itu telah mencapai 40.099 jiwa, serta 92.609 lainnya luka-luka, dikutip dari WAFA.