Bagikan:

JAKARTA - Kehangatan dan keramahan masyarakat Indonesia di tengah perayaan HUT ke-79 kemerdekaan Republik Indonesia yang digelar oleh Konsulat Jenderal Republik Indonesia Sydney, Australia, memukau pejabat otoritas setempat.

Sedikitnya 800 orang dari berbagai latar belakang mengikuti peringatan HUT ke-79 RI yang untuk pertama kalinya digelar KJRI Sydney di Kensington Park pada 17 Agustus 2024.

KJRI Sydney dalam keterangan tertulisnya mengatakan, ini menjadi momen penting untuk memperkuat rasa kebersamaan dan kebanggaan nasional di kalangan Warga Negara Indonesia serta diaspora Indonesia di Australia, sekaligus menjadi refleksi atas semangat "Nusantara Baru, Indonesia Maju".

Perayaan dimulai dengan upacara pengibaran Bendera Merah Putih yang berlangsung khidmat, dipimpin oleh Konsul Jenderal RI di Sydney, Vedi Kurnia Buana, yang bertindak sebagai Inspektur upacara.

Sementara, Kapten AL Muhammad Ali bertindak sebagai Komandan Upacara. Ia sekaligus menjadi pelatih bagi seluruh petugas upacara yang meliputi generasi muda Indonesia di Sydney, seperti pejar, pemegang visa WHV, serta perwakilan komunitas Indonesia, yakni Keluarga Pelajar Islam Indonesia (KPII) Sydney yang menjadi anggota Paskibra dan petugas upacara.

Sementara, pengibaran Bendera Merah Putih kali ini diiringi dengan lagu kebangsaan "Indonesia Raya" yang dibawakan oleh Paduan Suara Pemuda dari Gereja Reformed Injili Indonesia – Sydney.

"Saya sangat bangga melihat semangat persatuan dan kesatuan yang kuat di kalangan masyarakat kita di Sydney. Saya berharap, mereka semua dapat menjadi duta-duta bangsa Indonesia di mana pun mereka berada, menjadi contoh yang baik di masyarakat internasional," kata Konjen Vedi dalam keterangan KJRI Sydney, Minggu 18 Agustus.

Mayor Randwick City Council, Cr. Philipa Veitch yang hadir sebagai tamu kehormatan, menyampaikan

apresiasinya bisa melihat masyarakat dan komunitas Indonesia berkumpul bersama merayakan Hari

Kemerdekaan RI dan mengikuti berbagai macam perlombaan.

Menurut Mayor Cr. Philipa, kebersamaan komunitas Indonesia terasa akrab dan hangat.

"Saya sangat suka dengan komunitas Indonesia, mereka sangat ramah dan hangat," ujarnya.

Dalam kesempatan ini, Konjen Vedi juga melakukan pemotongan tumpeng syukuran, untuk kemudian diserahkan kepada perwakilan masyarakat Indonesia serta mereka yang berulang tahun di Bulan Agustus.

"Di tengah dinamika global yang terus berubah, persatuan dan kesatuan adalah fondasi yang kokoh

untuk menghadapi berbagai tantangan di masa depan. Bersama-sama kita bisa menjaga identitas budaya kita, sekaligus berkontribusi positif dalam komunitas internasional. Semangat kebersamaan ini adalah kekuatan utama kita" pungkas Konjen Vedi.