Bagikan:

JAKARTA - Semarak perayaan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan ke-79 Republik Indonesia di Konsulat Jenderal Republik Indonesia Sydney, Australia, menghadirkan riang canda, tawa, semangat kebersamaan dan kehangatan dari masyarakat Indonesia yang berada di sana.

Usai upacara bendera yang dipimpin oleh Konsul Jenderal Vedi Kurnia Buana, acara dilanjutkan dengan lomba-lomba tradisional 17-an yang diselenggarakan oleh Persatuan Pelajar Indonesia-Australia (PPIA) New South Wales.

Perlombaan seperti makan kerupuk, balap karung hingga tarik tambang menggema dengan gelak tawa dan semangat juang. Semua peserta, baik anak-anak maupun dewasa, larut dalam keceriaan, saling mendukung dan bersorak dalam suasana yang penuh kegembiraan.

Ini bukan sekadar lomba, melainkan perwujudan persatuan dan solidaritas di antara masyarakat Indonesia di Sydney, yang semakin erat terjalin dalam momen perayaan kemerdekaan ini.

"Saya sangat bangga melihat semangat persatuan dan kesatuan yang kuat di kalangan masyarakat kita di Sydney. Saya berharap, mereka semua dapat menjadi duta-duta bangsa Indonesia di mana pun mereka berada, menjadi contoh yang baik di masyarakat internasional," kata Konjen Vedi dalam keterangan KJRI Sydney, Minggu 18 Agustus.

Selama acara, para peserta juga disuguhi aneka kue-kue khas Nusantara seperti bacang ayam, kueku dan risoles, yang menggugah rasa rindu akan Tanah Air.

Minuman khas Indonesia yang diproduksi dan dijual di toko-toko lokal juga turut disajikan, menambah suasana hangat dalam perayaan tersebut.

Peringatan HUT ke-79 RI di Sydney ini tidak hanya menjadi ajang perayaan, tetapi juga sebagai momen refleksi dan penguatan identitas nasional bagi masyarakat Indonesia yang tinggal di Australia.

"Acara ini menunjukkan betapa kuatnya semangat persatuan di antara kami, sekaligus menjadi pengingat akan pentingnya menjaga dan merayakan nilai-nilai kebangsaan di mana pun kita berada," ujar Julie, salah satu warga yang hadir.

Antusiasme peserta juga tertuju saat pemberian medali kepada para pemenang lomba yang telah diselenggarakan sebelumnya, yaitu lomba golf, bulutangkis dan tenis. Dan, hadiah utamanya berupa voucher tiket Garuda Indonesia senilai total 1.000 dolar Australia.

"Saya merasa sangat beruntung bisa meraih hadiah ini, dan saya bangga menjadi bagian dari komunitas Indonesia di Sydney," ungkap Ksatria, salah satu pemenang dengan senyum lebar.