Bagikan:

JAKARTA - Sekelompok geng tahanan wanita di Rumah Tahanan (Rutan) Pondok Bambu yang melakukan intimidasi terhadap Hasnaeni Moein atau Wanita Emas diketahui berinisial V, P dan A. Ketiga pelaku dan Wanita Emas saling mengenal.

"Ini yang kita tidak tahu, soalnya saya tidak tahu di sana ada gangster. Yang penting dilakukan secara berkelompok. Ini yang perlu kita waspadai. Mereka saling kenal (3 pelaku dan Hasnaeni) kan sesama tahanan saling kenal, cuma kalau kedekatan kami belum tau. Nyatanya Wanita Emas tahu semua nama - nama yang mengintimidasi beliau," ujar kuasa hukum Hasnaeni atau Wanita Emas, Andi Bashar saat dikonfirmasi, Kamis, 15 Agustus.

Kendati demikian, Andi belum dapat memastikan bahwa pelaku intimidasi adalah orang suruhan atau bukan. Namun untuk dugaan adanya aktor lain, dia pun menduganya.

"Mungkin seperti itu (orang suruhan) tapi biarlah hasil penyelidikan polisi nanti yang bisa ungkap," ucapnya.

Lebih lanjut Andi mengatakan, Wanita Emas diintimidasi selama satu hari. Kejadian itu baru pertama kali dialami oleh Wanita Emas selama menjadi tahanan di Rutan Pondok Bambu.

"Satu hari kemarin (intimidasi). Baru sekali. Cuma ini masih baru, biasanya terjadi hari ini, tidak tahu seminggu atau dua minggu (akan terulang atau tidak). Makanya antisipasi, kita serahkan sama pihak kepolisian untuk melakukan penyelidikan," ujarnya.

Andi menyesalkan, kejadian intimidasi itu dilakukan oleh sejumlah orang tahanan terhadap Wanita Emas. Dia pun meminta Polsek Duren Sawit segera menangani kasus tersebut.

"Kalau mungkin person to person, masih kita pahami toleransi. Ini masalahnya berkelompok, lebih dari dua orang," katanya.

Sebelumnya diberitakan, kasus ancaman intimidasi yang dialami Hasnaeni Moein atau Wanita Emas di Rumah Tahanan (Rutan) Pondok Bambu, Kecamatan Duren Sawit, Jakarta Timur, baru kali ini terjadi. Kejadian tersebut membuat pihak keluarga merasa heran dan khawatir.

"Hampir dua tahun Wanita Emas di rutan pondok bambu tidak terjadi apa - apa. Baru kali ini terjadi. Saya khawatir nanti jiwanya Wanita Emas juga bahaya nanti, terancam," ujar pengacara Hasnaeni Wanita Emas, Andi Bashar kepada wartawan di Polsek Duren Sawit, Rabu, 14 Agustus.

Pihak keluarga dan kuasa hukum Wanita Emas menduga adanya motif lain dibalik ancaman dan intimidasi yang dialami Hasnaeni di Rutan Pondok Bambu.