Bagikan:

JAKARTA - Pemenuhan hak perempuan di Tanah Air perlu dipenuhi. Karenanya, kualitas sumber daya manusia (SDM) di Indonesia bisa lebih maksimal ke depan.

Hal ini diungkap Ketua Tim Penggerak-PKK Riau, Adrias Harianto terkait penyelenggaraan Festival Akbar Pemberdayaan Perempuan Renjana Cita Srikandi pada 23-25 Agustus di Lapangan Gubernur Riau dan Ballroom Menara BRK Syariah Riau. Kegiatan itu sebelumnya sudah sukses digelar di Jakarta pada Mei lalu.

"Terlebih dalam pembangunan berkelanjutan memiliki beberapa indikator yang harus dicapai seperti kesetaraan gender, keadilan dan inklusivitas, serta hak-hak perempuan lainnya demi memaksimalkan SDM," kata Adrias melalui keterangan yang dikutip Rabu, 14 Agustus.

Adrias menyebut pihaknya mendukung Renjana Cita Srikandi. Harapannya kompetensi dan kolaborasi perempuan di Indonesia bisa meningkat ke depannya. 

Apalagi, tema yang diusung adalah ‘Energizing You, Elevating Each Other’. "Saya sangat berharap kegiatan ini dapat menggedor potensi masyarakat, khususnya para perempuan Provinsi Riau," katanya.

Adapun kegiatan tersebut juga digelar di Medan, Bandung, dan Makassar. Dalam pelaksanaan di Jakarta pada Mei 2024, wadah kolaborasi itu mendapatkan sambutan positif dari lebih dari 8.000 pengunjung.

 

Dipilihnya Pekanbaru sebagai kota penyelenggaraan Renjana Cita Srikandi karena beberapa hal. Salah satunya, potensi besar dan semangat tinggi dari perempuan berprestasi di sana.

Mereka dinilai telah berkontribusi signifikan dalam berbagai bidang, termasuk bisnis, seni, dan budaya baik di tingkat provinsi, nasional, regional hingga internasional. Kegiatan ini melibatkan partisipasi para talenta dan tokoh perempuan lokal seperti pebisnis Tia Juwita dan social media influencer Cut Aliza Syakila.

“Keterlibatan perempuan dalam ekonomi sangat penting untuk pertumbuhan yang berkelanjutan. Acara ini patut diapresiasi, apalagi acara ini bisa membuka mata perempuan Riau agar tertarik terjun ke dunia entrepreneur dan ekonomi kreatif,” kata owner Ratatia Rattan Handmade, Tia Juwita.