Bagikan:

JAKARTA - Pabrik Rekayasa Transportasi Omsk (Omsktransmash, bagian dari perusahaan UVZ di bawah naungan Rostec) telah menyerahkan sejumlah tank T-80BVM dengan perlindungan anti-drone terbaru kepada tentara Rusia.

"Omsktransmash, afiliasi perusahaan kami, UVZ, telah mengirimkan sejumlah tank T-80BVM yang telah dimodernisasi kepada tentara. Kendaraan-kendaraan itu dilengkapi dengan layar dan jaring jala khusus yang melindungi mesin dan kompartemen transmisi serta bagian buritan turret dari granat, peluru kendali, dan drone FPV," kata Rostec dalam sebuah pernyataan di saluran Telegram, melansir TASS 8 Agustus

T-80BVM adalah versi terbaru dari tank tempur utama T-80 yang diproduksi sejak 1976. Pengirimannya ke tentara Rusia dimulai pada 2019. Tank ini dilengkapi dengan mesin turbin gas berkekuatan 1.250 hp (berbeda dengan kendaraan tempur Rusia lainnya yang menggunakan pembangkit listrik tenaga diesel), dengan kecepatan maksimum hingga 70 km/jam.

Mengutip Army Recognition, perlindungan terbaru ini meliputi tambahan di sekeliling turret dan di atap, yang secara khusus dirancang untuk melawan ancaman dari UAV (Kendaraan Udara Tak Berawak), granat antitank dan rudal berpemandu.

Dikatakan, peningkatan ini merupakan respons langsung terhadap lingkungan pertempuran yang terus berkembang di Ukraina, di mana ancaman dari pesawat nirawak dan amunisi berpemandu canggih telah meningkat secara signifikan.

Seorang perwakilan militer dari Kementerian Pertahanan Rusia menyoroti tank T-80BVM tidak hanya memenuhi tetapi juga melampaui kemampuan peralatan militer Barat yang ada.

"Dalam hal karakteristik, kemampuan manuver, pengendalian, kecepatan, dan perlindungan, tank T-80BVM lebih unggul daripada analog Barat mereka," kata seorang insinyur Rusia.

Salah satu fitur menonjol dari T-80BVM adalah mesin turbin gasnya, yang memiliki kapasitas 1.250 tenaga kuda. Mesin yang kuat ini tidak hanya menghasilkan tenaga mentah; tetapi juga berkontribusi pada kemampuan siluman tank.

Tank T-80BVM Rusia terkenal sebagai yang paling senyap di kelasnya. Berkat desain khusus sistem pembuangan, tank-tank ini praktis tidak terdengar saat bergerak maju ke posisi musuh, sehingga memberikan keuntungan taktis dalam pertempuran mendadak.

T-80BVM asli dipersenjatai dengan meriam laras halus 125 mm yang mampu menembakkan berbagai amunisi, termasuk peluru sabot penembus lapis baja yang distabilkan sirip (APFSDS), peluru antitank berdaya ledak tinggi (HEAT) dan peluru kendali. Tank ini juga dilengkapi senapan mesin koaksial 7,62 mm dan senapan mesin berat 12,7 mm yang dipasang di atap untuk menambah daya tembak.

Selain itu, tank ini dilengkapi dengan lapis baja komposit canggih dan lapis baja reaktif peledak (ERA), untuk meningkatkan kemampuan bertahannya terhadap ancaman antitank modern, yang diperkuat oleh sistem perlindungan aktif (APS) yang dapat mendeteksi dan menetralkan proyektil yang masuk.

Sistem suspensi hidropneumatik tank ini memberikan kemampuan manuver dan stabilitas yang sangat baik di berbagai medan. Peralatan tempur di dalamnya mencakup sistem pengendalian tembakan yang canggih, optik canggih, dan kemampuan penglihatan malam, yang memastikan akurasi dan efektivitas tinggi dalam berbagai skenario pertempuran.