5 Tank Tercanggih di Dunia yang Terkenal Gahar di Medan Pertempuran
Tank Leopard 2 Jerman. (foto: Wikimedia Commons/Fric.matej)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Tank adalah kendaraan tempur lapis baja yang dirancang untuk pertempuran di garis depan. Tank memainkan peran penting dalam pertempuran di darat, karena kebal dengan segala macam peluru dan bisa menembus medan yang sulit.

Tank Tercanggih di Dunia

1. Salah satu tank tercanggih di dunia adalah tank Leopard 247. Tank ini merupakan versi terbaru dari desain Leopard 2 yang terbukti ganas di medan pertempuran.

Menurut Military Today, Leopard 247 memiliki “kulit” baja besi tambahan yang dapat mendukung operasi militer.

Tank buatan Jerman ini memiliki akurasi yang lebih baik dan jangkauan tembak yang lebih jauh dibandingkan dengan tank lain, karena sistem senjatanya yang kuat serta sistem pengendalian tembakan yang canggih.

Tank Leopard didukung oleh mesin diesel multi bahan bakar. Angkatan Darat Jerman telah menggunakan Leopard 247 sejak 2014.

Selain tank Leopard 247, berikut tank tercanggih di dunia yang ganas di medan perang.

 

2. Abrams M1A2 SEP (Amerika Serikat)

Ilustrasi tank M1-Abrams.
Ilustrasi tank M1-Abrams. (Wikimedia Commons/U.S. Army)

Tank Abram M1A2 SEP merupakan tank tempur buatan Amerika Serikat. Tank ini memiliki teknologi dan armor yang paling ditakuti.

Masih dari Military Today, tank ini dapat melindungi dirinya dari semua senjata anti-tank yang terkenal.

M1A2 SEP dibekali armor canggih dan diperkuat dengan lapisan uranium yang terdeplesi.

Kendati demikian, daya tembak dan akurasinya sedikit lebih rendah dari Leopard 247. Hal ini dikarenakan meriam smoothbore 120 mm/L44 yang terpasang pada M1A2 SEP ukurannya lebih pendek.

3. Chalengger 2 (Inggris)

Tank Chalengger 2 merupakan kendaraan tempur yang sangat mumpuni. Challenger 2 dibekali armor Chobham terbaru dan merupakan salah satu tank paling terlindungi di dunia saat ini.

Tank ini dapat melindungi dirinya dari serangan senjata api langsung. Challengger 2 dipersenjatai dengan senapan rifled 120 mm yang sangat akurat.  Saat ini Challenger 2 memegang rekor pembunuhan tank-to-tank terlama.

Kekurangan tank ini terletak pada mesinnya yang kurang bertenaga jika dibandingkan dengan kompetitornya. Selain itu, kecepatan Challenger 2 juga tidak secepat tank lainnya.

4. Armata (Rusia)

Tank T-14 Armata.
Tank T-14 Armata. (Wikimedia Commons/Kirill Borisenko)

Tank ini adalah termasuk kendaraan lapis baja generasi terbaru yang dimiliki Rusia. Pada 2018, Kementerian Pertahanan Rusia memesan batch pertama dari tank baru ini.

Tank Armata diproduksi untuk menggantikan tank T-72, T-80, dan T-90 yang menua dan menjadi semakin usang.

Armata dibekali dengan teknologi canggih dan memiliki desain yang futuristik. Untuk spesifikasinya masih dirahasiakan. Akan tetapi, Armata mungkin termasuk salah satu tank paling terlindungi di dunia.

Pelindung dasar tank Armata terbuat dari baja, keramik, dan material komposit. Armata dilaporkan juga akan dilengkapi dengan sistem perlindungan aktif Afghanit baru, yang saat ini sedang dikembangkan.

Meriam yang digunakan pada tank Armata berjenis smoothbore 125 mm baru yang lebih akurat daripada meriam tank Rusia sebelumnya.

5. K2 Black Panther (Korea Selatan)

K2 Black Panther disebut-sebut sebagai tank tempur utama yang harganya paling mahal. Teknologi yang terpasang pada tank ini mengungguli apa pun yang dimiliki Korea Utara atau China.

Tank ini mulai digunakan oleh Angkatan Darat Korea Selatan pada 2016. Tank ini menggunakan armor komposit tipe yang dirahasiakan dan modul armor reaktif yang eksplosif. Armor depan diklaim mampu menahan serangan langsung dari peluru tank 120 mm, yang ditembakkan dari senjata L55.

Demikian informasi tentang tank tercanggih di dunia. Dapatkan update berita terkini hanya di VOI.id.