Bagikan:

JAKARTA - Petugas upacara HUT ke-79 RI di Ibu Kota Nusantara (IKN) yang berasal dari Personel TNI AU berangkat dari Pangkalan Udara (Lanud) Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur (Jaktim).

Mereka telah tiba di Lanud Dhomber, Balikpapan, Kalimantan Timur (Kaltim), Kamis 8 Agustus untuk kemudian melakukan serangkaian latihan selama delapan hari hingga akhirnya menggelar upacara kemerdekaan pada 17 Agustus 2024.

Berdasarkan siaran pers lewat unggahan Instagram resmi TNI AU, @militer.udara, para personel TNI AU itu sebelumnya menjalani latihan terpusat di Cibubur, Jaktim.

Setelah menjalankan latihan selama beberapa hari, para personel TNI AU itu langsung diberangkatkan ke Lanud Dhomber menggunakan pesawat C-130 Hercules dan CN-295 TNI AU.

Pasukan TNI AU yang berangkat terdiri dari satu pleton prajurit wanita TNI AU, dua pleton prajurit pria TNI AU dan terakhir tim orkestra Swa Bhuwana Paksa.

Sebelumnya, Kepala Staf TNI Angkatan Udara (KSAU) Marsekal TNI Mohammad Tonny Harjono mengatakan, pihaknya menyiapkan pesawat angkut jenis Boeing dan Hercules untuk mengantar prajurit melakoni upacara HUT Ke-79 Republik Indonesia di IKN, Kalimantan Timur, 17 Agustus 2024.

"Kita persiapkan karena akan cukup banyak pergerakan dari Jakarta ke Balikpapan," kata Tonny di kawasan Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Kamis 1 Agustus.

Tonny menjelaskan pihaknya menyediakan pesawat Boeing 737, Boeing 400, Hercules tipe H dan tipe J. Pesawat tersebut akan mengantar prajurit hingga pejabat TNI AU ke Pangkalan Udara (Lanud) Dhomber, Balikpapan selaku pangkalan udara terdekat dari IKN.

Tonny pun tidak menjelaskan kapan pihaknya mulai mengantar pasukan ke IKN. Dirinya juga tidak menjelaskan dengan rinci berapa jumlah pesawat yang akan dikerahkan dalam operasi tersebut.

"Kita sesuai perintah. Tapi semua pesawat kita siagakan, apabila ada perintah kita siap mendukung," kata Tonny.