Nostalgia Gibran Lihat Bekas Mobil Dinas Jokowi 'Esemka Rajawali' di SMK Surakarta: Ini Zaman Saya SMA
Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka (Foto: Antara)

Bagikan:

JAKARTA - Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka melihat salah satu mobil dinas ayahnya, Joko Widodo (Jokowi). Mobil ini merupakan generasi pertama yang dirakit langsung siswa jurusan otomotif, Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 1 Trucuk, Klaten, Jawa Tengah.

Sebagai Wali Kota Solo, Jokowi pernah menggunakan mobil bernama Esemka Rajawali ini sebagai kendaraan dinasnya. Mobil berplat merah dengan nomor polisi AD 1 A tersimpan rapih di garasi bengkel SMK Negeri 2 Surakarta

"Kita tahu persis ini sehingga 2010 kita bawa ke Jakarta dan gak masalah. Pada 2012 ke Jakarta juga gak masalah. Ini rangka mobil kita buat pada 2007 dan 2010 selesai. Ya, selama 3 tahun," kata salah satu guru memberi penjelasan kepada Gibran dilansir dari kanal berita surakarta, Rabu, 24 Maret.

"Ini mobil zaman saya SMA," kata Wali Kota Gibran.

Gibran mengatakan, kunjungannya ke sekolah SMK di Solo merupakan salah satu bentuk janji kampanye dulu di mana sekolah kejuruan akan di revitalisasi. Artinya, apa yang dipelajari siswa di sekolah harus relevan dengan kebutuhan industri sekarang.

"Jangan sampai mencetak pengangguran. Siswa harus bisa diserap industri makanya dibantu tim dari Sinarmas, Astra, Bakrie  dan lain-lain," terang Gibran. 

Selain siswa, guru atau tenaga pengajar akan di upgrade agar sesuai dengan kebutuhan indistri sekarang. "jadi harus seperti itu, harus relevan dengan yang ada di indistri," terang Gibran. 

Mobil Esemka pernah dipakai Jokowi dan Wakil Wali Kota Solo, Hadi Rudiyatmo sebagai mobil dinas. Sayangnya, mobil ini hanya dipakai 2 hari karena terganjal surat kendaraan. Mobil Esemka akhirnya di kandangkan.

Pada September 2019 lalu, Presiden Jokowi meresmikan pabrik Esemka di Boyolali.