Momen Gibran Tertunduk di Depan Pimpinan KPK Usai Sosialisasi Pencegahan Korupsi
Wali Kota Solo Gibran Rakabuming dan Wakil Ketua KPK Alexander Marwata (Instagram/@gibran_rakabuming)

Bagikan:

JAKARTA - Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka melakukan rapat koordinasi pencegahan korupsi di lingkungan pemerintah daerah Solo Raya. Kegiatan ini dilakukan di Balai Tawangarum Kompleks Balaikota Surakarta.

Dalam rapat ini dihadiri langsung oleh Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Alexander Marwata. Kemudian, Walikota dan Bupati se-Solo Raya, Direktur Wilayah III KPK RI, Ketua DPRD se-Solo Raya, Kepala Kantor Wilayah ATR/BPN Jawa Tengah.

Selanjutnya Sekretaris Daerah se-Solo Raya, Direktur Utama BPD Bank Jateng, seluruh Kepala Kantor Pertanahan se-Solo Raya serta diikuti secara virtual oleh Jajaran Kepala Perangkat Daerah se-Solo Raya.

Di atas podium, putra Presiden Joko Widodo ini menyampaikan dukungan atas program pemberantasan korupsi terintegrasi. Sebab, pemerintahan yang bersih dari korupsi akan memakmurkan rakyat. 

“Pemerintah Kota Surakarta sangat mendukung terwujudnya tata kelola pemerintah yang bersih, transparan, akuntabel dan bebas dari korupsi, kolusi dan nepotisme pada pemerintah daerah melalui Program Pemberantasan Korupsi Terintegrasi," kata Gibran dilansir dari surakarta.go.id, Rabu, 24 Maret.

Acara dilanjutkan dengan sambutan dari Wakil Ketua KPK, Alexander Marwata, dengan menyampaikan saat ini sedang berfokus pada langkah pencegahan. Dengan pencegahan diharapkan kasus korupsi kian berkurang.

“Dengan tidak mengabaikan dan dengan tidak meninggalkan, KPK saat ini lebih mengutamakan langkah pencegahan. Dalam menanggulangi korupsi diperlukan pencegahan, evaluasi, monev tematik, dan supervisi” tegas Alexander.

Selanjutnya dilakukan penandatanganan komitmen bersama Program Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi Terintegrasi Wilayah Jateng oleh Walikota dan Bupati se-Solo Raya.

Wakil Ketua KPK Alexander Marwata pun memberikan plakat kepada Gibran. Gibran yang nampak mengenakan kemeja batik cokelat terlihat terdunduk saat menerima plakat itu.