Bagikan:

MEDAN - Istri Wali Kota Medan Bobby Nasution, Kahiyang Ayu mengingatkan Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) mendukung program UMKM. Satu kelurahan, satu sentra usaha.

"Saya minta seluruh anggota dan kader PKK Kota Medan untuk mendukung, dan ikut merealisasikan program Pemkot Medan di UMKM, yakni satu kelurahan satu sentra usaha," ujar Ketua TP PKK Kota Medan, Kahiyang Ayu usai meninjau usaha kerajinan rotan dan pembuatan kerupuk jangek di Medan dikutip Antara, Selasa, 23 Maret.

Kahiyang Ayu mengingatkan agar upaya pengembangan dan promosi produk UMKM dioptimalkan. Dengan begitu, perekonomian masyarakat bisa ikut meningkat. 

Putri Presiden Joko Widodo (Jokowi) ini berharap agar pihak kecamatan maupun kelurahan dapat bersama-sama dengan TP PKK dapat mengembangkan UMKM.

Dengan kolaborasi yang baik, lanjut Kahiyang, maka program satu kelurahan satu sentra usaha akan berjalan dengan baik.

"Produk UMKM yang ada di kelurahan, juga dapat dipajangkan di gerai kantor PKK Kota Medan. Hal ini agar lebih memperkenalkan produk UMKM dari seluruh kelurahan di Kota Medan kepada masyarakat," ujar Kahiyang Ayu.

Bobby Nasution-Aulia Rachman memang pernah berjanji membangun program Medan Sakasanwira alias Satu Kelurahan Satu Sentra Kewirausahaan. Gagasan ini diusung dengan menyiapkan pengelolaan, manajemen dan pusat pemasaran di setiap kelurahan.

Ada pula insentif untuk UMKM, ekonomi kreatif dan komunitas kreatif. Bobby Nasution juga ingin menghadirkan Kolabin.id sebagai wadah pengembangan dan pemasaran UMKM.

“Kami bersama-sama berkolaborasi membangun Kota Medan dengan meningkatkan potensi lokal masyarakat. Agar tercipta lapangan kerja, iklim kewirausahaan yang sehat hingga meningkatnya kualitas sumber daya manusia,” ujar Bobby pada Oktober 2020 kala Pilkada.