57 Ribu Lansia Calon Haji Tunggu Giliran Vaksinasi COVID-19
ILUSTRASI/ANTARA

Bagikan:

JAKARTA - Kementerian Kesehatan (Kemenkes) segera melakukan vaksinasi terhadap calon jemaah haji. Saat ini ada puluhan ribu lansia calon jemaah haji tengah menunggu gilirannya.

“Kementerian Kesehatan mulai melakukan vaksinasi COVID-19 bagi para calon jemaah haji, khususnya mereka yang lansia. Saat ini tercatat lebih dari 57 ribu lansia calon jemaah haji yang menunggu,” kata Juru Bicara Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19 Wiku Adisasmito dalam konferensi pers secara daring yang ditayangkan di akun YouTube Sekretariat Presiden, Selasa, 23 Maret.

Dia mengatakan, pemberian vaksinasi ini sekaligus menunggu keputusan resmi dari pemerintah Arab Saudi terkait pelaksanaan ibadah haji di tahun ini.

Diketahui, per Selasa, 23 Maret sudah ada 5.732.210 orang yang telah mendapatkan vaksinasi COVID-19 dosis pertama dan 2.494.422 vaksinasi dosis kedua. Sementara, total sasaran vaksinasi mencapai 40.349.051 orang.

Diberitakan sebelumnya, program vaksinasi COVID-19 nasional ditargetkan diterima 181,5 juta orang. Mereka adalah masyarakat yang berusia 18 tahun ke atas. Penerima vaksin mendapat dua kali dosis penyuntikan.

Pada tahap pertama, vaksin diperuntukkan bagi 1,5 juta tenaga kesehatan. Pada tahap kedua, vaksinasi COVID-19 diperuntukkan bagi kelompok lansia dan petugas pelayanan publik. 

Sasarannya sebanyak 21,5 juta lansia dan 16,9 juta petugas pubik. Mereka adalah pedagang pasar, pendidik, tokoh dan penyuluh agama, wakil rakyat, pejabat, pemerintah, ASN, TNI-Polri, petugas pariwisata, pelayanan publik, pekerja transportasi publik, atlet, serta pekerja media. Program ini berlangsung sampai bulan Mei.

Selanjutnya, vaksinasi akan dilakukan kepada 63,9 juta masyarakat rentan atau penduduk yang tinggal di daerah dengan risiko penularan tinggi. Kemudian, masyarakat lainnya sebanyak 77,7 juta orang. 

Secara keseluruhan, vaksinasi nasional ini akan dilakukan mulai April 2021 sampai Maret 2022.