Bagikan:

JAKARTA - Menggunakan helikopter untuk wara-wiri antarwilayah memang memangkas waktu. Namun ternyata ancaman kecelakaannya yang tidak diperdulikan, bisa membuat tensi Kerajaan Inggris Raya memanas.

Itu dibuktikan dengan geramnya Raja Charles III terhadap sang anak, Pangeran Wales, William. Muasalnya William enggan tertib terhadap perintah Charles agar mengindari terbang memakai helikopter bersama istri dan ketiga anaknya.

Charles mengkhawatirkan suksesi di masa mendatang jika kecelakaan menimpa William yang menjadi pewaris mahkota raja.

Mengutip The Sun, kekhawatiran dengan alasan serupa sebelumnya juga pernah disampaikan nenek William, Ratu Elizabeth II. Kini putranya, Charles, usai didiagnosis menderita kanker kembali menegaskan aturan itu kepada William.

Dalam kerajaan Inggris ada aturan tidak tertulis yang meminta agar bangsawan senior menghindari terbang bersama-sama.

Namun, William kerap melanggarnya dengan terbang sejauh 115 mil bersama sang istri Kate Middleton dan ketiga anaknya dari London ke kediaman mereka di Anmer Hall, Norfolk.

William diketahui memiliki rekam jejak sebagai pilot SAR. Pria berusia 42 tahun itu juga pernah menerbangkan ambulans udara selama dua tahun.

Lalu pada 2021, William meminjam helikopter seharga 5,4 juta poundsterling atau sekitar Rp113 miliar untuk menambah jam terbangnya demi mendapatkan lisensi pilot.

Pada tahun 2021 juga, Wiliam sempat tertangkap kamera ponsel terbang naik helikopter bersama keluarga dari Istana Kensington.

Kekhawatiran Raja Charles III terhadap keselamatan keluarganya bertransportasi juga disebabkan sejumlah insiden Kerajaan Inggris Raya melibatkan helikopter.

Pada Agustus 2021, helikoper Sikorsky S-76 milik Ratu Elizabeth II mengalami kerusakan ditandai bunyinya alarm kewaspadaan. Akibatnya penerbangan sang ratu terpaksa dibatalkan.

Sophie Wessex, istri dari Pangeran Edward, Duke of Edinburgh, juga hampir mengalami kecelakaan pada 2017

Sementara pada 2019, Ratu Camilla, istri dari pernikahan kedua Raja Charles III yang kala itu bergelar Duchess of Cornwall, menggunakan helikopter milik Ratu hampir menabrak pesawat.