Bagikan:

JAKARTA - Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS) Antony Blinken akan bertemu dengan pejabat Tiongkok pada pekan depan di Laos.

Blinken, ketika berbicara di Forum Keamanan Aspen di Colorado, mengatakan penting bagi AS dan Tiongkok untuk dapat berkomunikasi di bidang-bidang yang tidak mereka sepakati, termasuk di Laut China Selatan dan Taiwan, dilansir Reuters, Jumat, 19 Juli.

Terkait ketegangan China dan Taiwa, pemerintah Taiwan mengamati dengan cermat militer China, yang menurut mereka merupakan ancaman yang semakin meningkat di wilayah tersebut.

Sejumlah pesawat tempur China melintas di dekat pulau itu untuk bergabung dalam latihan dengan kapal induk Shandong Tiongkok di Pasifik.

Latihan militer China ini bertepatan dengan pertemuan puncak NATO di Washington, di mana rancangan komunike menyatakan Tiongkok telah menjadi faktor penentu dalam upaya perang Rusia di Ukraina dan Beijing terus menimbulkan tantangan sistemik terhadap Eropa dan keamanan.

Shandong melintas di dekat Filipina dalam perjalanannya menuju latihan di Pasifik, kata menteri pertahanan Taiwan pada Rabu, 10 Juli.

Dalam pembaruan harian mengenai aktivitas militer Tiongkok selama 24 jam terakhir, yang dirilis pada Kamis, 11 Juli, Kementerian Pertahanan Taiwan mengatakan pihaknya telah mendeteksi 66 pesawat militer Tiongkok di sekitar pulau itu.

Dari jumlah tersebut, 39 di antaranya melintas ke selatan dan tenggara Taiwan, kata kementerian tersebut. Pada hari Rabu, kementerian mengatakan telah mendeteksi 36 pesawat menuju Pasifik Barat untuk melakukan latihan di Shandong.

Kementerian Pertahanan Taiwan merilis dua gambar, gambar hitam-putih buram dari pesawat tempur J-16 China dan gambar berwarna dari pesawat pengebom H-6 berkemampuan nuklir, yang dikatakan diambil baru-baru ini.

“Militer memiliki pemahaman rinci tentang aktivitas di laut dan perairan sekitar Selat Taiwan, termasuk pesawat dan kapal Komunis Tiongkok,” kata juru bicara kementerian Sun Li-fang.

Pasukan Taiwan telah melacak dua pesawat tempur Tiongkok yang difoto, katanya.