Bagikan:

JAKARTA - Pengadilan Rusia menjatuhkan hukuman 13 tahun penjara kepada warga negara Amerika Serikat (AS) Michael Travis Leake atas kasus penyelundupan narkoba.

Leake, seorang musisi dan mantan penerjun payung AS yang ditangkap pada Juni 2023, dinyatakan bersalah menjual narkoba dalam skala besar, kata layanan pengadilan Rusia, Kamis, 18 Juli.

Dilansir Reuters, Leake adalah satu dari belasan orang Amerika yang saat ini ditahan di Rusia. Washington mendesak warganya untuk segera meninggalkan Rusia, dengan alasan adanya ancaman penangkapan dan pelecehan di tengah ketegangan tertinggi antara kedua negara sejak Perang Dingin.

Juru bicara Kedutaan Besar Amerika di Moskow tidak segera menjawab permintaan komentar mengenai hukuman Leake.

Warga Amerika lainnya, Robert Romanov Woodland, dijatuhi hukuman 12,5 tahun penjara oleh pengadilan Rusia awal bulan ini karena penyelundupan narkoba.

Leake dihukum bersama terdakwa lain, seorang wanita. Pasangan itu terlihat berdiri di ruang pengadilan dalam video singkat yang dipublikasikan oleh layanan pengadilan. Leake mendengarkan prosesnya dengan ekspresi muram, pada satu titik menggelengkan kepalanya.

Leake, yang berusia awal 50-an, adalah mantan penulis lagu di band rock "Lovi Noch" ("Catch the night"). Dia juga sebelumnya bekerja sebagai guru bahasa Inggris di Moskow dan membantu menerjemahkan lagu untuk band-band Rusia.