Bagikan:

JAKARTA - Otoritas Kota Nagoya pada Hari Senin mengumumkan, seekor komodo, kadal terbesar di dunia dan spesies yang terancam punah, akan ditempatkan di kebun binatang di Jepang bagian tengah.

Reptil tersebut, seekor jantan berusia 13 tahun bernama "Taro," akan tiba di Jepang pada tanggal 18 Juli dan akan dipamerkan di Higashiyama Zoo and Botanical Gardens mulai akhir Agustus, kata otoritas kota tersebut.

"Kami akhirnya berhasil membawa (komodo) ke sini setelah negosiasi yang intens. Mohon nantikan," kata Wali Kota Nagoya Takashi Kawamura dalam sebuah konferensi pers, melansir Kyodo News 8 Juli.

Selama kampanye pemilihannya, Kawamura telah berjanji untuk memperkenalkan hewan-hewan yang menarik perhatian, seperti komodo, ke kebun binatang tersebut.

Kebun Binatang Singapura, yang telah menampung kadal raksasa tersebut, memutuskan untuk memindahkannya karena kurangnya ruang setelah menerima komodo betina untuk tujuan pengembangbiakan.

Taro, yang dimiliki oleh Kebun Binatang Ueno di Tokyo, akan dipinjamkan ke kebun binatang Higashiyama.

Komodo, spesies asli Indonesia dan ditetapkan sebagai hewan yang terancam punah oleh International Union for Conservation of Nature ini dapat tumbuh hingga lebih dari 3 meter panjangnya dan beratnya lebih dari 160 kilogram.

Komodo sebelumnya telah dipamerkan di Jepang di kebun binatang Ueno dan Kebun Binatang Sapporo Maruyama di Hokkaido, menurut Otoritas Kota Nagoya.